Jangan Pernah Ragu Konsumsi Kecombrang

Kecombrang merupakan tumbuhan yang memiliki warna merah yang termasuk dalam jenis rempah-rempah. Bagian bunga kecombrang yang masih kuncup sering kali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dalam beberapa menu kuliner Indonesia. Begitu juga bagian buah, biji, dan batangnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. 


Kecombrang memiliki rumpun besar batang tegak, berdaun setinggi 6 meter dan batang berbunga sekitar 60 - 100 cm. Kecombrang banyak dibudidayakan di negara-negara tropis dan digunakan sebagai bumbu dan penyedap makanan, tumbuhan ini tidak hanya memilik warna yang merah yang indah, tumbuhan ini juga memiliki aroma kuat yang segar sehingga sangat cocok digunakan pada masakan ditambah lagi aroma segar ini bermanfaat untuk mengurangi aroma anyir pada bahan makanan  yang tajam seperti ikan atau seafood. 


Masakan yang terbuat dari kecombrang dan paling banyak diminati, yaitu salah satunya sambal kecombrang. Pada masakan tumis maupun berkuah pun, ia bisa berbaur sehingga jadi masakan yang menggugah selera. Berkat aromanya yang khas, sangat mudah untuk membedakan masakan yang menggunakan kecombrang dengan masakan lainnya. Kecombrang memiliki Kandungan  air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng, dan zat besi.

Bahkan Kecombrang diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kecombrang dapat menjadi bahan pengawet makanan alami karena memiliki sifat anti bakteri, zat antibakteri ini  terdapat pada batang tanaman kecombrang.  Semua bagian tanaman kecombrang dapat dimakan dan memiliki manfaat berbeda beda, termasuk rimpang, bunga, daun, dan buahnya. 

Tumbuhan  ini memiliki kandungan nutrisi, terutama mineral penting seperti kalsium, kalium, dan fosfor tidak hanya itu kecombrang juga  rendah akan  kalori tetapi tinggi akan kandungan serat. tumbuhan ini tidak hanya digunkaan unutk memasak yang dapat mengenyangkan perut tetapi tumbuhan ini juga dpat digunakan sebagai obat karena tumbuhan ini kaya akan kandungan gizi dan dapat membantu tubuh jadi lebih sehat. tidak heran jika Kecombrang banyak di gunakan untuk berbagai macam kuliner akan tetapi kamu harus tahu berbagai macam manfaat kesehatan dari kecombrang bila d konsumsi 


Tumbuhan ini selain buahnya ternyata batang kecombrang  dapat menjadi obat batuk, yaitu batang yang sudah tua bisa sembuhkan batuk dengan cara membakar atau memanggang batang kecobrang kemudian dikupas kulit luarnya lalu diperas airnya untuk diminum lagsung atau dapt juga dengan cara setelah di peras air kecombrang yang sudah di bakar lalu campurkan dulu air perasa batang kecombrang dengan air putih dan gula batu.


Bagian daun kecombrang juga memiliki manfaat terutama unutk ibu ibu yang memiliki bayi, daunnya  bisa di konsumsi diolah menjadi makanan yang lezat atau sebagai penyedap masakan untuk menambah ASI  yang lancar akan mempengaruhi kesehatan bayi jadi sangat cocok unutk para moms yang lagi menyusui.

Sedangkan dengan mengkonsumdi ekstrak bunga  kecombrang yang memiliki efek antioksi dapat melawan stres oksidatif karena ekstraknya dapat menjadi agen terapi yang berguna melawan radikal bebas. 

Tumbuhan kecombrang juga dapat membantu Anda yang memiliki masalah fosfor tinggi atau yang kurang kalsium, biasanya orang memiliki maslah ini akan merasakan sakit gigi berlubang atau maslah tulang, maka dengan mengkonsumsi kecombarang dapat membantu anda mengatasinya karena tumbuhan ini mengandung kalsium sebanyak 3 persen atau sekitar 32 mg / 100 gram  dan  Anda akan mendapatkan   asupan makanan fosfor yang tinggi dan tulang terlindungi dari osteoporosis dari  kecombrang


Manfaat di atas hanya sebagian dari banyaknya manfaat kecombrang untuk kesehatan, oleh karena itu  tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini selain  rasa yang enak dan segar juga akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan


0 Response to "Jangan Pernah Ragu Konsumsi Kecombrang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel