Waspada Kesehatan Cuaca Panas

berap abulan ini Cuaca yang begitu  cerah dengan sinar matahari yang hangat, memang  bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga di pantai atau melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. namun dengan trik cuaca seperti ini suhu yang terus meningkat hingga terlalu panas bagi tubuh, harus tetap waspada dengan kesehatan cuca seperti ini akan menyebabkan beberapa dampak yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas kita saat berada di luar ruangan.



Panas terik yang terjadi saat ini sangat perlu untuk kita waspadai, karena mudahnya terkena penyakit, sinar matahari dan polusi membuat tubuh akan rentan mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, Heat Stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

Cuaca panas saat ini sedang tidak biasa, unutk kamu pekerja atau yang aktif di luar sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.  Kondisi ini dikeluhkan banyak orang karena merasakan ketidaknyamanan terutama saat harus beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca panas ekstrem.


Cuaca panas ekstrem bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Alhasil, tubuh pun akan lebih rentan sakit atau mengalami berbagai masalah kesehatan. menjaga kesehatan tubuh sangatla penting unutk itu ada beberapa tips  yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas ekstrem terjadi :

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi, maka dari itu pastikan bahwa kita selalu mencukupi kebutuhan air tubuh dan tidak menunggu rasa haus muncul, minumlah air putih sesuai kebutuhan tubuh. Pada cuaca panas ekstrem dampak yang bisa dirasakan yaitu kehilangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi, dengan meminum air putih yang banyak  maka keseimbangan cairan dalam tubuh akan tetap terjaga dan hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi, serta yang tinggi gula  karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh. 


Sebaiknya kurangi aktifitas di luar rumah  untuk menghindari kontak matahari secara langsung , jika harus beraktifitas di luar pastikan unurk  menggunakan topi atau payung dan Sertakan penggunaan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dan kulit wajah dari paparan sinar matahari.



Menggunakan krim pelembab atau sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kulit karena Krim ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca panas ekstrem, kulit rentan kering dan iritasi.


Tetap Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap fit dan prima, meski cuaca sedang panas-panasnya.  hindari olahraga di luar ruangan karena berisiko tinggi menyebabkan , dehidrasi berat, dan gangguan kesehatan lainnya. banyak jenis olahrag yang bisa di lakukan di dalam ruangan. tetap sehat dan jauh dari polusi.


Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.


Itulah beberapa  tips yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas seperti sekarang ini. yang teroenting pastikan untuk cukupi cairan dalam tubuh. 

0 Response to "Waspada Kesehatan Cuaca Panas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel