Tetap Sehat Saat Menjalankan Ibadah Haji

Tak terasa para calon jamaah haji akan  mulai berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji, untuk  dalam menjalankan rukun Islam ke lima. Menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan bagi peserta jamaah haji  bertujuan agar seluruh rangkaian ibadah haji bisa berjalan dengan lancar. Dengan kondisi tubuh yang sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan husuk.




Masa penyesuaian kondisi cuaca sangatlah  penting untuk di perhatikan, karena adanya perbedaan yang antara cuaca di Indonesia dan cuaca yang ada di tanah Suci Mekkah, membuat seluruh jemaah haji yang ada di Indonesia harus melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan sebelum benar-benar dinyatakan siap dan mampu untuk menjalankan perjalanan dan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.


Persiapan jamaah haji  sebelum keberangkatan ke Tanah Suci  mesti perlu diperhatikan dengan ekstra dan teliti, sebab Ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. salam menjalankan ibadah haji biasanya setiap para jemaah dianjurkan memeriksakan kesehatan secara rutin dan segera menghubungi petugas kesehatan yang berada di kelompok apabila merasa kurang sehat. Agar setiap keluhan kesehatan jamaah dapat segera diatasi dan tidak berlarut.


Dalam kegiatan ibadah memilki kegiatan yang cukup banyak, belum lagi para jamaah harus mengahadapi  udara panas di Madinah dan Mekah sehingga membuat fisik cepat lelah. Karena itu, jagan perna acu dengan kesehatan,  menjaga kesehatan sejak dalam perjalanan dan selama berada di Tanah Suci sangat penting agar bisa menjalankan ibadah haji secara husuk.

Selain menjaga kesehatan para jamaah haji haru mulai penyesuaian diri dengan kondisi cuaca di tanah Suci, masyarakat juga harus melakukan beberapa hal untuk menghindari atau meminimalisir adanya potensi paparan penyakit dan pingsan saat melakukan prosesi ibadah haji. maka dari itu menjaga stamina fisik dan kesehatan adalah yang utama.tekadang walaupun sudah menjaga kesehatan dengan begitu baik, tidak menutup kemungkikan  tepapar penyakit dari jemaah lain yang sedang sakit, seperti  penyakit flu  yang mudah menyebar.


Maka dari itu sebaiknya keluarga membantu untuk jamaah baik keluarga saudara, kakek, nenek dalam mempersiapkan diri dan kesehatan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Berikut Tips persiapan sehat bagi jemaah haji yang dapat dilakukandi Tanah Suci saat menjalankan ibadah haji;

  • Sebelum berangkat, pastikan unutk membawa obat-obatan, sederhana atau sehari hari yang biasa di konsumsi, terutama untuk para calloln jamaah haji yang memiliki  penyakit kronis sangat diisarankan membawa obat-obatan. Meski penyelenggara ibadah haji juga menyediakan obat-obatan, sebaiknya tetap membawa obat  sendiri sesuai kebutuhan, terutama obat dari dokter yang harus dikonsumsi secara rutin. 
  • Mempersiapkan diri dengan harus kesehatan, olahraga rutin,  Tetap makan dan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi dan  tidur yang cukup  karena rangkaian ibadah haji kerap membuat tubuh kelelahan, faktor hal itu terjadi sebab cuaca yang panas. maka perlunya  menjaga waktu istirahatuntuk  langsung beristirahat jika telah selesai menjalankan rangakaian ibadah haji. 

  • Saat menjalankan ibadah haji , hendaknya mengurangi  aktivitas di luar karena Iklim yang berbeda membuat tubuh belum terbiasa, rentan mengalami penurunan daya tubuh secara signifikan.maka saat ingin beraktifitas di udara terbuka pilihla kegiatan yang benar benar bermanfaat, jika kegiatan di udara terbuka yang tidak terlalu penting dan tak wajib diikuti, maka sebaiknya bisa tak ikut dalam kegiatan tersebut.

  • Hal yang paling penting untuk tak dilewatkan juga saat menjaga tubuh tetap sehat sewaktu menjalankan ibadah haji adalah melakukan pengecekan kesehatan, disarankan selama menjalankan ibadah haji untuk memperhatikan kesehatan. 

  • Cuaca di Mekah dan Madinah dapat menjadi sangat panas, terutama selama musim haji. Pastikan diri untuk menggunakan pakaian yang longgar, melindungi diri dengan topi, bila perlu memabawa payung untuk melindungi dari trik matahari yang begitu  panas dan jangan lupa minum cukup air untuk menjaga diri tetap terhidrasi.




Jangan lupa unutk hindari kelelahan secara berlebih dan apabila merasa ada keluhan  dan mengalami gejala penyakit sebaiknya bersegera dalam melakukan pemeriksaan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia  yang telah disediakan oleh Kementerian kesehatan yang dapat menangani keluhan penyakit bagi jemaah haji Indonesia.



0 Response to "Tetap Sehat Saat Menjalankan Ibadah Haji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel