Upaya Mengatasi Demam Berdarah

Memasuki musim hujan, maka masyarakat harus lebih hati hati dan diminta untuk lebih waspada terhadap ancaman serangan penyakit demam berdarah (DBD) yang berpotensi besar terjadi pada musim hujan. Selain waspada dengan kondisi cuaca yang berubah, beberapa hal lain juga perlu kita waspadai salah satunya berkaitan dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Meskipun sekarang demam berdarah sering terjadi pada musim kemarau, namun penyakit demam berdarah sangat besar berpotensi lebih besar terjadi saat musim hujan,





Demam berdarah atau yang di kenal dengan DBD merupakan  penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami nyeri hebat, bahkan seluruh tulang dan persendian seakan-akan terasa patah. Jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah, bahkan berpotensi menyebabkan kematian.


Maka dari itu, masyarakat perlu mempersiapkan diri melakukan sejumlah langkah pencegahan demam berdarah dengue. Menurutnya, terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam upaya pencegahan, agar DBD bisa di atasi secara tepat dan jangan perna meremakan penyakit ini  karena penyakit ini bisa berbahaya . Demam berdarah dapat menular kemudian nyamuk sebagai media penularan, serta orang yang ditulari, yakni manusia. nyamuk ini cukup mudah dikenali dengan warnanya yang belang hitam-putih dengan ciri fisiknya yang kecil. Mereka tidak suka mendiami tempat yang kotor, melainkan menyasar tempat-tempat bersih, seperti bak mandi.


Maka dari itu, sebagai upaya pencegahan demam berdarah, sebaiknya lebih waspada lagi, disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan, menimbun barang bekas yang tidak terpakai, menghilangkan genangan air dan menaburkan bubuk abate.

Selain memperhatikan lingkungan rumah , pastikan untuk tetap  meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, kendalikan stres, olahraga secara teratur, dan jangan lupa memasang obat nyamuk di ruangan yang terindikasi tempat persembunyian nyamuk. Jika terjadi demam berdarah pengobatan khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi begitu sulit, maka sebaiknya mencegah terjadinya komplikasi dengan menurunkan gejala yang muncul sekaligus melakukan upaya pencegahan infeksi virus yang lebih parah.


Upaya yang bisa dilakukan untuk menangani demam berdarah, cara yang paling utama mengatsinya dengan memastikan tidak digigit nyamuk Aedes aegypti untuk menghindari penularan demam berdarah. Ini bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih, juga menggunakan penangkal nyamuk agar tidak berkembang biak di rumah.

Cara selanjutnya bersihkan tempat penampunan air yang ada di rumah, karena genangan air merupakan tempat bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk betina pertama-tama akan bertelur pada dinding bak yang terisi air. Larva nyamuk yang menetas dari telur kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme di sekitarnyaMaka dari itu baiknya rutin untuk  menguras dan membersihkan bak mandi minimal seminggu sekali cara ini salah satu pencegahan DBD yang paling utama. bahkan kebiasaan ini di perccaya dapat membasmi nyamuk Aedes aegypti serta memutus rantai penularan demam berdarah.

Jika muncul beberapa gejala demam berdarah segera atasi dan  bawa penderita ke dokter untuk langsun di tangani, maka dari itu pentingya mengetahui gejala deman erdarah agar dapat mengatasinya secara cepat,


Ciri-ciri demam berdarah ini bisa dikenali lewat pendarahan, nyeri, gangguan pencernaan, sampai syok. Berikut beberapa di antaranya: Demam tinggi, mendadak, terus menerus, selama 2–7 hari Tanda perdarahan, seperti muncul ruam berupa bintik-bintik merah di kulit, mimisan, gusi berdarah, muntah berdarah, atau buang air besar berdarah Sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri di belakang mata Gangguan pencernaan yang ditandai mual, muntah, sakit perut di ulu hati atau di bawah tulang iga Terkadang disertai sakit tenggorokan, batuk, pilek Pada kondisi syok, penderita merasa lemas, gelisah, dan kesadaran


DBD Tidak ada obat khusus untuk penyakit ini salah astu penanganan bisa di  berikan obat paracetamol yang diresepkan dokter. setidaknya  Obat ini berguna untuk menurunkan demam dan mengurangi keluhan nyeri atau tidak enak badan akan tetapi ingat jangan sembarangan memberikan obat obat terhadap penderita alangka baiknya jika langsung di bawak ke dokter langusng guna penanganan lebih lanjut karena jika di diamkan demam berdarah akan membuat kadar trombosit turun, sehingga penderita semakin rawan mengalami pendarahan.


0 Response to "Upaya Mengatasi Demam Berdarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel