Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Tanpa disadari di era modern yang serba canggih ini dan sangat berkembang, kebanyakan manusia jadi mudah sekali memenuhi kebutuhan dan keinginannya. keinginan dari gaya hidup sehari hari dari generasi mudah, atas sampai generasi lanjut usiapun semua mulai berbondong-bondong ikut merasakan kemudahan yang bisa di dapat dan di cari. Akan Tetapi, dibalik semuah fasilitas keinginan kemudahan yang tersaji ada begitu bayak  dampak buruk yang timbul terutama untuk kalangan menengah ke bawah.





Bukan hal lumrah lagi jika adanya kecemburuan sosial lantaran melihat gaya hidup dan barang yang dimiliki orang lain, sehingga menimbulkan keinginan untuk meniru dan membelinya sehingga kesempatan menabung, atau berinfestasi, bahkan persiapan  kebutuhan mendatang, Cenderung di abaikan demi mengikuti gaya hidup Konsumtif. biasasnya gaya hidup konsumtif  banyak dimiliki oleh masyarakat dewasa ini terutama perempuan.


Tidak dapat dipungkiri jika saat ini selalu muncul tren-tren baru terutama para generasi muda dan selalu ingin mengikuti tren supaya terlihat trendy. Sebenarnya untuk mengikuti tren itu tidak apa-apa dan tidak salah asalkan tidak berlebihan Karena dengan  selalu ingin mengikuti tren, secara tidak sadar akan menjadi pribadi konsumtif.

Gaya hidup  konsumtif merupakan perilaku atau gaya hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang, bisa juga dikatakan  perilaku berlebihan bahkan membabi buta dalam membeli suatu barang atau  perilaku seseorang yang membeli barang, padahal barang tersebut tidak terlalu penting dan jarang digunakan. gaya hidup ini sebuah tindak yang  menggunakan suatu produk secara tidak tuntas. misalnya  belum habis suatu produk digunakan, seseorang telah menggunakan produk lain dengan fungsi yang sama. Beberapa produk yang masuk ke dalam gaya hidup konsumtif ini biasanya adalah tas, pakaian, sepatu, aksesoris dan lain-lain. akan tetapi terkadang tak banyak yang sadar bahwa mereka sudah masuk ke dalam perilaku tersebut.


Hidup konsumtif sangat erat kaitannya dengan sifat hedon atau hedonisme. Gaya hidup yang modern sering diasumsikan sebagai biaya hidup yang menghambur-hamburkan uang demi kepentingan atau hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Zaman yang semakin maju dan modern ini secara langsung mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Tuntutan hidup modern yang semakin tinggi akan membuat seseorang semakin konsumtif. tidak ada orang yang melanggar gaya hidup ini selagi kalian mampu, akan tetapi unutk kalian yang memliki hidup pas pasan,atau ekonomi menengah ke bawah, alangka baiknya jika menghindari gaya hidup konsumtif karena banyak dampak negatif dari perilaku konsumtif ini dan dapat mengalimi beberapa kerugian, 

Sebenarnya berbelanja tidak apa-apa, tetapi bila kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus akan memberikan dampak negatif selanjutnya. walaupun dengan belanja akan memberikan rasa kebahagiaan, kepuasan, dan kenikmatan sendiri, tetapi ingata ini hanya bersifat sementara. Dampak negatif dari perilaku konsumtif untuk menjadi bahan peritmbangan apakah tetap ingin menngunakan gaya hidup ini atau sudah saatnya merubah gaya hidup ke depannya, Berikut ini dampak negatif dari konsumtif :


  • Boros, pastinya siapa saja yang menerapkan gaya hidup ini akan menjadi boros dan sifat boros sudah tidak dapat dihindarkan. Yaitu dengan kamu yang tidak segan menghabiskan uang untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan dan jika pemborosan yang dilakukan secara terus menerus nantinya akan mengganggu finansial kamu sehingga tidak dapat dihindari kondisi keuangan akan melemah akibat dan kebutuhan utama pun nanti akan sulit untuk dipenuhi

  • Kesehatan Akan Mulai Terganggu,  Dengan selalu menuruti keiniginan untuk mememunihi gaya hidup moderen yang tidak ada hentinya, tentu ini akan mengganggu kesehatanmu sehingga akan mengalami  rasa cemas yang berlebihan, apalagi jika melakukanya hanya untuk agar mendapat pengakuan sehingga nafsu belanjapun sulit dikontrol, Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan mental.


  •  Dapat Menimbulkan Adanya kecemburuan sosial lantaran melihat gaya hidup dan barang yang dimiliki orang lain, sehingga menimbulkan keinginan untuk meniru dan membelinya. dimana keinginan selalu menjadi prioritas dibanding kebutuhan. Dengan sifat ini akan membuat kamu lupa bahwa ada kebutuhan yang harus kamu penuhi hingga  rela untuk mengenyampingkan kebutuhan.

  • Mengurangi kesempatan menabung. jelas kamu tidak akan memprioirtaskan untuk menabung karena hanya memikirkan belanja, menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah, hingga menggunakan fasilitas mewah, Hingga menyebabkan pemborosan, karena memiliki keinginan untuk selalu hidup mewah dengan segala fasilitas dan barang yang kamu inginkan sehingga tidak mampu menyiapkan kebutuhan mendatang.


Masih banyak lagi dampak negatif dari perilaku konsumtif lainya, dampak di atas hanya beberapa, Penting bagi kamu mengetahui mana yang kebutuhan dan keinginan.  boleh belanja tapi jangan berlebihan sebaiknya hindari sifat konsumtif dengan banyak cara, seperti  membuat daftar anggaran untuk barang yang benar-benar kamu butuhkan dan  harus konsisten agar dapat memiliki finansial yang sehat untuk di masa depan.

0 Response to "Hindari Gaya Hidup Konsumtif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel