Dampak Smartphone Pada Anak Usia Dini

Saat ini Smartphone atau telepon pintar sudah sangat lumrah  dalam kehidupan sehari-hari Bahkan  unutk anak-anak di usia Taman Kanak-Kanak pun sudah banyak yang memiliki telepon pintar. Tidak heran  jika anak anak yang masih sekolah memiliki smartphone di tambah dengan alasan unutk mencari informasi pelajaran karena informasi yang mereka cari tidak ada di dalam buku pelajaran mereka





Smartphone itu sendiri merupakan  telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur yang mutakhir dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer atau telephone genggam yang bekerja dengan menggunakan perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Smartphone dapat juga di katakan sebagai komputer mini dalam bentuk telepon genggam. Orang-orang dapat mengakses berbagai aplikasi komunikasi, pendidikan, sosial dengan hanya menggunakan smartphone tanpa harus membuka komputer. Smartphone  memiliki jenis dan bentuk masing masing berbeda dan memiliki kelebihan masing masing sesuai dengan merek dan tipe yang di pakai tetapi untuk fungsi kegunaannya sama.


Saat ini pengguna smartphone tidak hanya berasal dari kalangan pekerja. Tetapi semua kalangan termasuk anak usia dini sudah mulai menggunakannya. bahkan para anak anak banyak  menghabiskan  waktu dalam sehari untuk menggunakan smartphone daripada bermain bersama temannya yang berada di lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan sulitnya orang tua mengatasi kecanduan anak terhadap smartphone.

Smartphone  yang biasa disebut dengan HP  tentu bukan hal asing lagi bagi para siswa di sekolah. Tidak bisa di pungkiri handphone memang punya beragam manfaat,tak hanya bagi orang kantoran atau orang dewasa lainnya, tapi juga bagi para pelajar terutama semenjak penggunaannya  tidak terbatas lagi, para anak anak SD pun sudah memilik Smartphone.

Dengan menggunakan smartphone memang memiliki dampak positif  yaitu dengan mengguanakn media ini dapat mempermudah komunikasi terutama komunikasi  antara guru dan  pelajar atau guru dengan orang tua sehingga dapat mengurangi resiko terputusnya informasi seperti yang sering terjadi sebelum adanya smartphone dan  dapat membantu guru guru dalam menyampaikan kepada murid-murid untuk mendapatkan informasi di berbagai mata pelajaran dengan sangat mudah.

tidak hanya membantu para guru, smartphone juga dapat membantu para anak -anak pelajar unutk  mengakses berbagai informasi dan mengecek keakuratan informasi yang telah mereka kumpulkan sehingga sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas mereka dan dapat meningkatkan pengetahuan mereka dan membantu mereka untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak pula dampak-dampak negatif yg bisa anak anak dpatkan denganbermain  handphone bahkan dapat  merugikan, salah satu dampak negatifnya yaitu anak lebih sering bermain smartphone dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini akan berdampak pada perkembanganya seperti anak sulit berkomunikasi karena kurang bersosialisasi dengan teman sebaya, anak mudah marah, pengetahuan anak tidak berkembang, karena anak terlalu fokus dengan permainan yang ada pada smartphone.

Dengan smartphone perkembangan anak sangat perlu diperhatikan dengan ekstra karena saat ini anak dengan mudah dapat terpapar konten yang tidak sesuai dengan usia mereka, Hal ini tentu tidak baik bagi anak, anak bisa terpapar hal negatif tersebut .

smartphone memang dapat digunakan oleh siapa saja dan untuk apa saja tergantung dari kebutuhan. semakin berkembangnya zaman tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung semakin pesat dan penggunaannya telah menjangkau ke berbagai lapisan kehidupan usia dan tingkat pendidikan tidak mengenla usia , maka dari itu sebaiknya para orang tua lebih memperhatikan dan mengawasi anak usisa dini dalam pemakaian smartphone, pastikan dampak yang di dapatkan anak dalam bermain smartphone mendapatkan dampak positif dan jangan biarkan oknum oknu m yang tidak bertanggung jawab merusak perkembangan anak masa depan.

0 Response to "Dampak Smartphone Pada Anak Usia Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel