Waspada Menghadapi Pandemi Varian Omicron

Menjalani hari-hari dengan menggunakan masker, mengurangi mobilitas, dan berbagai hal yang membuat kita bosan dengan aktivitas-aktivitas yang terbatas. Pandemi covid-19 yang di hadapi selama berpa tahun belum berakhir kini  ditemukan varian baru pandemi yang di sebut Omicron. Lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron sanagat  memicu kekhawatiran di tengah masyarakat. 


Belakangan ini, kita kembali dikhawatirkan dengan adanya varian omicron menjadi chapter baru pandemi, yang mulai terdeteksi keberadaannya di Indonesia.Peningkatan kasus terjadi seiring dengan pulangnya pekerja migran ke Indonesia. Varian baru ini menjadi tantangan tersendiri, sebab hingga kini belum bisa dipastikan apakah Omicron lebih berbahaya daripada varian sebelumnya. Meskipun begitu, kita perlu tetap waspada, karena penyebaran Omicron tiga kali lebih cepat bermutasi daripada varian yang terdahulu bahkan Varian ini dapat menyerang siapapun, bahkan  orang yang terpapar bahkan dinyatakan  positif Omicron bisa tidak memiliki gejala sama sekali.

Sama seperti varian COVID-19 lainnya, pandemi varian Omicron tidak hanya menyerang orang dewasa, lansia (lanjut usia), dan pengidap komorbid, tetapi juga bisa menyerang anak-anak, termasuk balita (anak bawah lima tahun). Dimana kita harus tetap waspada dalam menghadapi pandemi yang tiada ujung.

Aturan-aturan klasik yang terus menerus diketatkan kemudian sedikit dilonggarkan lalu kembali lagi diketatkan sehingga membuat kita lelah dalam menghadapinya namun apa yang bisa kita lakuakan aturan tersebut diterapkan mengingat memang naik turunnya kasus yang dapat menyebabkan aturan menjadi mudah berubah-ubah dan aturan itu di buat bertujuan untuk kebaikan kita semua.

Taat protokol kesehatan Hal yang paling utama adalah masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan dan mendukung peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Dalam mengahadapi Varian Omicron untuk mencegah penularan atau mencegah agar kita tidak terpapar pandemi ini berikut langkah penting untuk menghadapi lonjakan kasus Omicron.


1. Perketaat penggunaan Masker

Di masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, masker menjadi kebutuhan esensial yang harus dimiliki semua orang. Jangan perna bosan untuk memakai masker apa lagi saat kita beraktivitas di luar rumah, perhatikan dalam memakai masker dengan benar  karena memakai masker dengan benar dapat melindungi diri dari risiko tertular penyakit sekaligus menularkan penyakit ke orang lain.Hal itu penting untuk mencegah penularan virus corona dan bisa memberikan perlindungan yang efektif.  


2. Ikuti Program Pemerintah Untuk Vaksin

Program ini merupakan upaya pemerintah ntuk masyarakat umum pencegahan, adapun virus varian baru Omicron, langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 varian baru adalah segera vaksin bagi yang belum mendapatkan. Meski tak memberi kekebalan penuh, vaksin dapat memastikan sistem imun dalam kondisi yang baik, juga menjadi salah satu langkah preventif untuk menghadapi virus ini. Vaksin di lakukan  untuk merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang.


3. Asupan gizi seimbang dan Vitamin C
Asupan gizi perlu di penuhi agar tubuh kita dapat seimbang terhindar dari  beragam penyakit tentunya tubuh tetap fit .  Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung beragam nutrisi dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. selalu konsumsi makanan yang bayak mengandung vitamin C karena Vitamin C diketahui memiliki peran penting dalam memperkuat daya tahan tubuh. 

Salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh yaitu vitamin C, Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Zat gizi yang identik dengan buah-buahan ini juga bermanfaat bagi jaringan kulit, peredaran darah, dan saraf otak.


4. Olahraga

Menurut hasil penelitian, setiap orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. karena ketika anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang dan Olahraga dapat  dipercaya membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. sehingga dengan berolahraga dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. 


0 Response to "Waspada Menghadapi Pandemi Varian Omicron"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel