Tahapan Agar Komunikasi Yang Efektif

Komunikasi merupakan suatu seni untuk dapat menyusun dan menghantarkan suatu pesan dengan cara yang mudah sehingga orang lain dapat mengerti dan menerima maksud dan tujuan pemberi pesan. Komunikasi yang  efektif yaitu  komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalarn kornunikasi tersebut.





Untuk menyampaikan pikiran atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui suatu cara tertentu agar orang lain tersebut mengerti betul apa yang dimaksud oleh penyampai pikiran-pikiran atau informasi yang di sampaikan maka harus memiliki komunikasi yang baik dan  pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan.


Menyampaikan pesan secara efektif merupakan  seni serta keterampilan  yang telah ditentukan Seseorang yang  memiliki kamunikasi yang baik dapat  mengamati yang tajam untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan informasi dan seseorang dapat  menjadi pendengar yang baik, waspada dan sabar dan mampu memahami dan menafsirkan pesan dengan baik.


Agar proses komunikasi dapat berjalan sesuai dengan keinginan, maka ada beberapa komponen penting yang harus dipenuhi demi menunjang proses komunikas tersebut. Proses komunikasi akan berjalan lancar  jika selalu melibatkan beberapa komponen maupun tahapan  untuk mendukung berlangsungnya aktivitas komunikasi.  Berikut bebrapa tahapannya:


  1. pengirim pesan 

harus adanya pengirm pesan dalam komunikasi jika tidak ada pegirim pesan maka  tidak akan terjadi proses komunikasi yang efektif karena pengirim pesan  memiliki peranan penting untuk menunjang terjadinya proses komunikasi.

Pengirim pesan harus memberikan pesan yang sangat jelas, harus sederhana, mudah dipahami dan pesanpun harus disusun harus agar mencerminkan kesopanan, kerendahan hati dan rasa hormat pengirim terhadap penerima.


2. Umpan Balik dari Penerima Pesan

Proses ini juga   tidak akan berjalan dengan baik dan sukses, apabila tidak ada penerima pesan dalam prosesnya.  Penerima pesan harus benar benar memahami isi pesan yang di terima, apabila penerima pesan  gagal memahami makna pesan maka proses komunikasi tersebut tidak akan berjalan dengan efektif. 

Dalam komunikasi yang efektif, apapun media atau saluran yang digunakan maka komunikator tetap mendapatkan umpan balik atau tanggapan dari penerima pesan. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Umpan balik dari penerima pesan dapat membantu komunikator untuk menentukan apakah sukses atau tidak proses komunikasi yang telah dilakukan.


3.Cara Bertanya

Komunikasi akan terjadi dalam berbagai konteks, seperti interpersonal, antar pribadi, kelompok maupun antar massa.

Untuk berbicara apabila  bertanya kepada seseorang, kita harus tauw kapan menggunakan pertanyaan tertutup dan kapan memakai pertanyaan terbuka, kita harus memilih kata kata apa yang tepat untuk di ungkap kan agar komunikasi berjalan dengan efektif. 

4. Menjaga Emosi

Dalam berkomunikasi, apa lagi berkomunikasi secara langsung, sebaiknya selalu menjaga sikap selama berkomunikasi dengan setiap orang agar orang yg kita ajak diskusi tidak keliru dalam mengartikan gerak tubuh, raut tubuh, raut muka, dan sikap kita

Komunikasi yang efektif akan terbangun jika kedua belah pihak berdiskusi dengan sikap dan pikiran terbuka. Jika saat berdiskusi ada hal yang disampaikan tidak sesuai dengan prinsip Anda, sebaiknya anda jelaskanlah keberatan Anda dengan kepala dingin dan tenangk tetap  selalu kontrol emosi . Jaga intonasi suara Anda ketika berbicara. Agar tidak ada pihak yang tersinggung dengan apa yang Anda utarakan.


Semoga Beberapa tips atau tahapan di atas dapat membantu dalam menciptakan komunikasi yang efektif dalam kehiduoan sehari hari atau dalam lingkungan kerja. 



0 Response to "Tahapan Agar Komunikasi Yang Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel