Segudang Manfaat Daun Kelor

Mungkin kita sering mendengar istilah dunia tak selebar daun kelor, kenapa istilah itu sering di ucapkan karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil jadi dunia itu sangat besar bukan sekecil daun kelor.



Merunggai atau dikenal dengan nama daun Kelor  adalah jenis tumbuhan dari suku Moringaceae. walaupun tanaman ini ukurannya kecil  bentuknya oval dan bertangkai tapi  memiliki segudang manfaat Daun kelor merupakan tanaman tropis dan tanaman ini memiliki  Pohon yang mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.


Memiliki nama latin Moringa Oleifera yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional mlai pada tahun 1980 dan khasiatnya sudah di ketahui, bahkan manfaatnya bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Daun kelor juga dapat diolah menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen. Tak sedikit pula orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan masakan sebagai sayur. Tidak hanya itu, banyak pula orang-orang yang menggunakan tanaman ini untuk  ibu menyusui agar dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, di khasiat tanaman ini terdapat serat, vitamin B, fosfor, tembaga, zink, dan selenium dan ada kandungan antioksidan dalam daun kelor, salah satunya polifenol. 


Daun kelor merupakan salah satu herbal yang bisa mengatasi beberapa penyakit. Hal ini karena daun kelor mengandung berbagai nilai gizi seperti vitamin A, vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B-6, folat dan ascorbic acid (vitamin C), kalsium, potassium, zat besi, magnesium, phosphorus Berkat kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya,berikut  manfaat daun kelor untuk, yaitu:


  • Daun kelor dapat menjaga berat badan karena daun kelor yang memiliki  manfaat untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. sehingga dapat menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya dan diketahui bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan.

  • manfaat yang diketahui daun ini dapat mengontrol tekanan darah karena tanaman ini banyak mengandung kalium dan antioksidan sehingga  bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil dan dapat mencegah hipertensi.

  • Daun kelor dapat membantu Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker dengan ekstrak kulit batang dan daun kelor dikatakan efektif membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh,  seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pangkreas.dengan memiliki  kandungan antioksidan yang memang sangat efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan sel pada tubuh sebagai dampak dari radikal bebas. 

  • Salah satu obat herbal bermanfaat unutk mengobati sakit lambung karena  daun kelor ini di dalamnya memiliki senyawa baik seperti tanin dan flavonoid yang bisa meredakan peradangan, iritasi, sehingga dapat kemampuan mengatasi peradangan dapat mengobati gejala maag. 

  • Daun kelor juga kecantikan, selain unutk kesehatab ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk perawatan wajah. seperti perawatan, mencerahkan warna kulit, mengangkat komedo karena daun ini memiliki sifat anti mikroba yang bisa membunuh bakteri dan dapat menghambat produksi minyak

  • Selaain itu daun kelor di percaya dapat mencegah risiko komplikasi pada Ibu Hamil, dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin daun kelor juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang sehat untuk ibu hamil. sebab daun ini memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan saat masa kehamilan.
  • Daun  kelor memiliki manfaat untuk  melindungi dari kerusakan mata. dengan  mengkonsumsi daun kelor yang kaya akan vitamin A dan senyawa antioksida yang alami dapat mencegah seseorang terkena kerusakan akibat paparan radikal bebas dan sinar matahari. bahkan bagian akar dan batang pohon kelor dipercaya berkhasiat untuk mencegah dan mengobati katarak.

itulah bebrapa khasiat daun kelor, masih banyak lagi khasiat lainnya meski memiliki banyak khasiat, dengan menggunakan pengobatan daun kelor janga lupa aAnda tetap dianjurkan untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Response to "Segudang Manfaat Daun Kelor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel