Ikan cupang tengah digandrungi banyak orang saat ini. Bahkan, orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki ikan dengan nama latin Betta sp tersebut.

Berbicara mengenai jenis ikan cupang, umumnya bisa dikategorikan menjadi 2 jenis atau kelompok. Pertama adalah ikan cupang hias. Dan yang kedua adalah ikan cupang adu. Sebagai orang yang ingin bisnis ikan cupang, sangat penting untuk tahu hal paling mendasar seperti ini. 

Ikan Cupang Hias 
Jenis ikan cupang pertama adalah ikan cupang hias. Ikan cupang hias ini umumnya hanya untuk dinikmati keindahannya saja. Sehingga bentuk, corak, warna, hingga gerakannya sangat menentukan mahal tidaknya harga ikan cupang. 

Ikan Cupang Aduan
Jenis kedua dari ikan cupang adalah ikan cupang aduan. Ikan cupang jenis ini umumnya digunakan untuk kompetisi aduan. Sehingga ketika menang dalam sebuah kompetisi, maka secara otomatis harganya pun akan naik secara drastis. 

Selain berdasarkan dua hal tadi, sebenarnya spesies dari ikan cupang ini sendiri sangatlah banyak. Tercatat lebih dari 73 jenis spesies ikan cupang yang ada di dunia. Sayangnya tidak semua spesies ikan cupang tersebut memiliki nilai jual. Bahkan ada cukup banyak yang tidak memiliki nilai jual. 

Usia ikan cupang sendiri cukup lama, bisa sampai sampai 2,5 tahun jika didukung dengan perawatan yang baik. Dengan memperhatikan kualitas air dan pola makan sangat berpengaruh agar ikan cupang bisa bertahan lama, jika tidak diperhatikan akan sakit dan mati. 

Faktor lainnya agar bisnis ikan cupang tetap menjanjikan di tahun-tahun ke depan adalah meningkatkan kualitas ikan cupang di pasaran. Untuk pehobi yang memutuskan untuk terjun berbisnis dengan cara berternak, Tian menyarankan agar tidak asal-asalan dalam memilih indukan ikan cupang agar anakan yang dihasilkan juga memiliki kualitas warna yang menarik serta bentuk tubuh yang bagus.

Namun begitu, dia menilai, hebohnya ikan cupang tidak bertahan lama alias musiman. Tidak tahan lama di sini artinya jangka pendek, bisa 6 bulan, setahun ataupun dua tahun. Setelah heboh, maka tren ikan cupang akan kembali sedia kala.

Di tahun 2021 ini kira-kira seperti apa prospek usaha ikan cupang? Prospek bisnis ikan cupang di tahun 2021 ini diprediksi masih sangat bagus. Alasannya adalah peminat ikan cupang hingga saat ini bisa dikatakan cukup besar. Bahkan bisa dibilang cenderung mengalami peningkatan. 

Di tambah lagi pandemi COVID-19 hingga saat ini belum bisa dikatakan telah usai. Meskipun pemerintah sudah berhasil mendatangkan vaksinnya sekalipun. Namun jika melihat data yang ada di lapangan masih terjadi peningkatan jumlah setiap harinya. 

Itulah kenapa beberapa minggu ini pemerintah kembali memberlakukan PSBB di beberapa daerah. Dengan demikian, aktivitas masyarakat pun sebagian besar akan kembali lagi dilakukan di rumah. 

Di tambah lagi kamu tidak bisa menafikan komunitas hobi ikan cupang di Indonesia. Komunitas ini justru semakin meningkat di tahun 2021 ini. Oleh sebab itu bisa dikatakan bisnis ini masih cukup menjanjikan untuk dipilih. 

Meskipun demikian, ada baiknya kamu tidak hanya menjual ikan cupang saja. Ada baiknya untuk menambah koleksi jenis ikan hias lainnya. Misalnya seperti ikan guppy, ikan koi, ikan platy, ikan molly, ikan mas koki, dan lain sebagainya. 

Jika kamu memang sudah mantap untuk berbisnis ikan hias, ada baiknya jangan hanya terpaku pada satu jenis ikan hias saja. Apalagi di Indonesia sendiri ada cukup banyak jenis ikan hias yang populer. Meskipun harus diakui jika bisnis ikan cupang saat ini sangatlah menjanjikan. 

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel