Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham



Saham merupakan suatu bukti atau kepemilikan perusahaan, dimana saham ini menjadi salah satu peluang untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah investasi saham yang kini banyak digeluti oleh kalangan masyarakat. 

Dari sekian banyaknya investasi yang ada, investasi saham menjadi salah satu jenis investasi yang paling menguntungkan. 

Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dalam menjalankan investasi saham. Tentu mereka memiliki kemampuan dalam menjalankan investasi yang satu ini dengan baik. Sehingga investasi yang dijalankannya berhasil. Anda pun bisa mecobanya sendiri jika tertarik dengan investasi yang satu ini. 

Selain keuntungan yang bisa didapatkan, anda juga bisa mendapatkan kerugian dalam menjalankan investasi yang satu ini. Memang sebuah bisnis tidak bisa dijadikan patokan untuk selalu mendapatkan keuntungan. Kerugian pun bisa anda dapatkan dan itu bisa terjadi karena beberapa hal. 

Beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan investasi saham diantaranya sebagai berikut! 

Keuntungan Investasi Saham 

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan bilamana berinvestasi saham diantaranya sebagai berikut! 

- Capital Gain 

Keuntungan yang bisa anda dapatkan pertama adalah capital gain, dimana keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual saham. Harga jual lebih tinggi dibandingkan harga beli ini disebut sebagai capital gain. Terbentuknya capital gain yaitu dari aktivitas perdagangan di bursa efek seperti seorang investor dalam membeli sahamnya. 

Semakin besar selisih antara harga jual dan harga beli, maka keuntungan dalam menjalankan investasi yang satu ini semakin besar. Seperti halnya seroang investor telah membeli saham dengan harga per lembar Rp. 4000 dan menjualnya dengan harga Rp. 5000, maka investor tersebut telah mendapatkan capital gain sebesar Rp. 1000 untuk setiap lembar saham yang telah dipilihnya. 

- Dividen 

Dividen merupakan salah satu bagian keuntungan perusahaan yang telah dibagikan kepada pemegang saham. Dividen ini berasal dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan yang nantinya akan diberikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Untuk jumlah dividen yng dibagikan diusulkan dalam RUPS. 

Terdapat dua macam dividen yang dapat anda ketahui diantaranya seperti diveiden tunai dan dividen saham. Dividen tunai merupakan perusahaan yang membagikan dividen kepada setiap pemegang saham berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap lembar saham. 

Sementara dividen saham merupakan setiap pemegang saham diberikan dividen berupa saham yang jumlah sssahamnya dimiliki seorang investor dddan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut. 

Hal itu tergantung dari perusahaan karena ada juga yang tidak memberikan dividen meskipun mendapatkan keuntungan. Ada alasan tersendiri dibali semua itu, biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan ekspansi atau pengembangan usaha. 

Selain itu, anda juga harus mengetahui bagaiamana cara membaca informasi pembagian dividen seperti tanggal pencatatan terakhir bagi investor yang ingin mendapatkan jatah dividen, membeli saham saat exdate yang sudah tidak berhak untuk mendapatkan dividen, tanggal dimana investor yang memegang saham dan tanggal pembayaran dividen. 

Dalam BEI, cumdate pada pasar regular dan negosiasi biasanya jatuh pada hari yang sama, dan untuk di pasar tunai biasanya jatuh pada 3 hari setelahnya. Semuanya dikarenakan skema penyelesaian transaksi pada pasar regular dan pasar negosiasi yang berbeda dengan pasar tunai. 

- Saham Bonus Bilamana Ada 

Terkadang ada juga saham bonus yang diberikan bilamana keuntungan yang didapatkan dalam jumlah besar. Saham ini merupakan saham yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham yang diambil dari agio saham. 

Itulah keuntungan yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi saham. Semua tergantung diri anda sendri dan perusahaan yang menjalankan investasi yang satu ini. 

Kerugian Investasi Saham 

Selain keuntungan yang bisa anda dapatkan, ada juga beberapa kerugian yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi yang satu ini. Beberapa kerugian yang dalam berinvestasi saham diantaranya sebagai berikut! 

- Capital Loss 

Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain, dimana anda akan mendapatkan kerugian yang diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli, dimana harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli yang anda lakukan. Investor menjual saham lebih rendah dibandingkan harga belinya. Biasanya hal ini dikarenakan beberapa faktor tertentu yang membuat capital loss. 

Dalam aktivitas perdagangan saham yang dilakukan, tidak selalu pemodal yang mendapatkan capital gain ataupun keuntungan saham yang telah dijualnya. Biasanya investor menjual sahamnya lebih rendah dari harga belinya dan menjadikannya mendapatkan capital loss. Hal ini seringkali terjadi dalam menjalankan bisnis investasi saham. 

Seperti halnya seorang investor yang membeli saham dengan harga Rp. 7000 per lembarnya. Kemudian seorang tersebut menjual sahamnya dengan harga Rp. 7500 karena takut harganya akan mengalami penurunan yang lebih drastis. Maka dari itu investor tersebut mengalami capital los sebesar Rp. 500 untuk setiap lembar yang telah dijualnya. 

- Tidak Mendapatkan Dividen 

Bagi anda yang mengalami kerugian dalam menjalankan investasi saham tentu tidak akan mendapatkan dividen. Perusahaan hanya akan membagikan dividen jika menghasilkan keuntungan saja. Perusahaan tidak dapat membagikan dividen bilamana perusahaan tersebut mengalami kerugian akibat capital los atau investasi saham yang dijalankannya. 

Keuntungan dari pemodal sendiri berarti diperoleh tergantung dari kinerja yang dilakukan perusahaan. Dividen juga dapat diputuskan melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Bilamana mayoritas pemegang saham tidak setuju dalam membagikan dividen karena beberapa alasan tertentu, meskipun mendapatkan untung namun pemegang saham tidak bisa mendapatkan keuntungan.

- Resiko Suspend 

Bilamana sudah terkena suspend atau diberhentikan dalam proses perdagangannya oleh BEI. Maka pemodal tidak dapat menjual sahamnya hingga saham disuspend dan dicabut dari status suspend. Untuk jangka waktunya cukup singkat hanya beberapa hari perdagangan saja. 

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan suspend perdagangannya yaitu dikarenakan harga saham mengalami kenaikan atau penurunan yang harganya luar biasa dalam waktu singkat perusahaan dipalilitkan oleh kreditornya, suatu kondisi yang mengharuskan otoritas BEI mengentikan semenara saham perdagangan untuk diminta konfirmasi lainnya. 

- Resiko Bangkrut dan Dilikuidasi 

Kerugian yang bisa anda dapatkan paling fatal adalah perusahaan yang dinyatakan sudah bangkrut oleh pengadilan dan dibubarkan, hal ini akan berdampak besar pada pemegang saham. Biasanya proses ini akan berakhir dan kewajiban perusahaan dapat dilunasi dengan menjual hasil kekayaan perusahaan untuk dibagikan kepada seluruh pemegang saham.

Bilamana tidak terdapat sisa sedikitpun, maka pemegang saham tidak akan memperoleh apapun. Hal ini sudah menjadi resiko yang bisa didapatkan oleh para pemegang saham. Maka dari itu, pemegang saham dituntut untuk terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan. 

Demikian beberapa keuntungan dan kerugian dalam menjalankan investasi saham yang dapat kami sampaikan. Anda bisa menentukan sendiri untuk melakukan investas saham atau tidak setelah melihat beberapa keuntungan dan kerugian tersebut. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel