Tips Investasi Saham Menguntungkan

Tips Investasi Saham Menguntungkan



Investasi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, dimana pundi-pundi keuangan anda akan semakin bertambah bilamana menjalankan investasi. 

Banyak dari mereka yang tertarik untuk berinvestasi guna keperluan masa depan yang lebih baik. Siapa saja pun dapat melakukan investas sesuai dengan passion atau keinginannya sendiri. 

Ada banyak sekali jenis investasi yang ada, investasi saham menjadi salah satu pilihan banyak orang. Investasi saham merupakan suatu investasi berupa pembelian saham yang merupakan kepemilikan sebuah perusahaan. 

Investasi yang satu ini akan memberikan hasil yang menguntungkan bilamana anda mampu menjalankannya dengan baik. 

Tidak semudah yang dibayangkan dalam menjalankan investasi saham. Anda harus mengetahui beberapa tips untuk berinvestasi saham supaya berhasil diantaranya sebagai berikut! 


Memahami Investasi Saham 

Jika anda ingin terjun ke dunia investasi saham, maka anda harus memahami terlebih dahulu apa itu investasi saham? Bila anda sudah memahaminya, untuk melanjutkan ke langkah berikutnya akan lebih mudah dan anda bisa memahaminya dengan baik. 

Banyak dari para pemula yang terjun ke dunia investasi saham tetapi tidak memahami terlebih dahulu mengenai apa itu investasi saham. Alhasil kerugian besar didapatkan oleh mereka yang salah dalam mengambil langkah. 

Seperti yang anda ketahui sendiri, saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan membeli saha, itu artinya menjadi kepemilikan atau pemegang saham dari perusahaan tersebut dan telah menyerahkan pengelolaannya kepada management professional yang dapat mengelolanya. Hal ini bertujuan agar meningkatkan nilai perusahaan supaya dapat dikelola dengan baik. 

Dengan memahami mengenai investasi saham akan mempengaruhi cara seseorang dalam melakukan investasi. Dalam melakukannya dengan bersikap lebih tenang ketika harga saham turun drastic karena kinerja perusahaan yang fine. 

Awali Dengan Modal Kecil 

Sebagai pemula, untuk menjalankan investasi saham ini tidak perlu modal yang terlalu banyak. Anda bisa mengawalinya dari modal yang paling minim terlebih dahulu, hal ini ditujuan sebagai tahap pembelajaran anda untuk memulai investasi saham yang telah anda pilih. 

Apalagi jika anda belum mengenal pasar saham, maka mengawali investasi dengan modal kecil menjadi pilihan yang paling tepat untuk anda. 

Dengan mengawalinya modal kecil juga akan lebih efektif untuk anda lakukan supaya meminimalisir modal yang dikeluarkan. 

Disini anda perlu membiasakan diri untuk melakukan jual beli saham, menganalisis saham dan lain sebagainya yang berkaitan dengan investasi saham. Bila sudah mantap, anda bisa melakukannya dengan menambah modal yang lebih besar. 

Membeli Saham Yang Berfundamental Baik 

Tips yang selanjutnya bisa anda lakukan adalah membeli saham yang berfundamental baik. Langkah yang satu ini sangat efektif untuk anda lakukan karena saham yang berfundamental baik kedepannya akan berpotensi lebih baik. 

Biasanya hal ini terdapat pada saham blue chip. Perusahaan ini dikenal publik dan memiliki usaha yang jelas, publiknya pun laku di pasaran, tidak banyak hutang, transaparan, dan lain sebagainya. 

Dalam membeli saham, sebaiknya anda jangan tergiur untuk membeli saham gorengan yang pergerakannya tidak jelas sebabnya. 

Hal ini akan membuat anda mengalami kerugian sendiri nantinya. Akan lebih efektif jika anda memilih untuk membeli saham blue chip yang terkoreksi dan bergerak lebih cepat dari yang lain. Anda harus membeli saham yang berfundametal baik. 

Lakukan Diversifikasi 

Ada beberapa jenis saham yang ada, sebaiknya anda membeli beberapa jenis saham untuk membagi resiko. Memiliki saham yang memiliki resiko kerugian lebih kecil daripada membeli hanya satu jenis saham saja. 

Apabila saham memiliki kinerja yang menurun, kemungkinan saham nantinya bisa naik. Pastikan anda melakukan diversivikasi terlebih dahulu secara efektif untuk menjalankan investasi yang satu ini. 

Menganalisa Dengan Baik 

Salah satu tahap penting dalam berinvestasi saham adalah menganalisa. Langkah yang satu ini memerlukan kejelian dan ketelitian yang khusus untuk anda lakukan. Bilamana anda tidak mampu menganalisanya dengan baik, maka investasi saham yang anda jalankan akan kurang berjalan efektif. 

Anda perlu mengetahui cara analisa saham untuk menentukan keputusan dalam jual beli saham yang dilakukannya. Terdapat dua macam cara yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yaitu analis teknikal untuk profit maksimal dan analis fundamental saham. Hal ini ditujukan untuk mengetahui masing-masing analis yang dapat anda lakukan. 

Harga Saham Turun, Beli! 

Dalam berinvestasi saham, ketika harga saham turun, maka dengan membelinya menjadi langkah yang sangat tepat untuk anda ambil. Jangan bermain-main dalam menjalankan investasi yang satu ini. 

Pergerakan harga saham bisa berfluktuasi 1% - 2% per hari jika pasar fluktuatif. Dalam situasi tersebut, nyali anda akan diuji apakah bertahan atau menyerah dalam menjalankan investasi saham. 

Saat pertama kali menjalankan investasi yang satu ini memang stress karena melihat harga saham yang tiba-tiba mengalami turun drastic. Portofolio investasi hanya tersisa sparuh dari nilai awal dalam hitungan hari saja. 

Disini anda harus bisa memahami dan belajar mengenai harga saham yang turun atau naik. Dengan begitu, anda akan dapat mengambil keputusan dengan sangat mudah.


Fokus Pada Jangka Panjang 

Investasi saham merupakan investasi jangka panjang, dimana anda harus bisa menjalankannya secara maksimal dalam waktu yang panjang. Pasar saham sangat beresiko dalam jangka pendek, hal ini dikarenakan fluktuatif. Namun untuk investasi, semakin besar tingkat keuntungannya yang bisa anda dapatkan. 

Disini anda harus fokus dalam jangka panjang jika benar-benar ingin menghasilkan keuntungan yang besar. 

Melalui sejarah pasar saham yang sudah terjadi, telah dibuktikan bahwa jika kita melakukan investasi saham dalam jangka panjang maka peluang untuk mendapatkan return sebesar 12,9% ada di depan mata. Namun angka ini dapat diperoleh dengan catatan perhitangan imbal hasil IHSG dalam jangka panjang. Hal itu tercantum dalam analisa yang dlakukan dalam investasi saham. 

Lakukan Analis dan Review Portofolio Berjalan 

Tips yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah menganalisa dan review portofolio secara berkala. Anda bisa melakukannya setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali ataupun setahun sekali. Bilamana saham kurang bagus kinerjanya seperti produk yang gagal di pasaran, merugi dan berbagai macam kendala lainnya. Hal ini bisa diganti dengan sham lainnya yang lebih baik. 

Tetap Tenang dalam Bermain Saham 

Bermain saham seringkali membuat banyak orang panik bilamana terjadi kendala. Bila anda tidak dapat menghadapinya dengan tenang, maka hal tersebut akan cukup merugikan bagi anda. 

Harga saham setiap harinya selalu mengalami kenaikan ataupun penurunan, investasi ini nantinya tidak akan bisa dinikmati bilamana anda tidak bisa tenang dalam menjalankannya. Sangat penting bagi anda untuk tenang ketika menjalankan investasi saham. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips berinvestasi saham yang menguntungkan. Bagi anda yang tertarik, anda bisa mencoba untuk berinvestasi saham, pastinya akan memberikan keuntungan yang besar bagi anda.

0 Response to "Tips Investasi Saham Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel