Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham


Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham



Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak dari mereka yang sudah menjalankan investasi saham karena cukup menjanjikan untuk masa depan anda. Berinvestasi berbeda dengan menabung, dimana uang yang anda tanamkan ini akan semakin bertambah bilamana investasi yang dijalankan berhasil. Namun anda akan mendapatkan kerugian bilamana investasi yang dilakukan tidak berhasil. 

Dalam menjalankan investasi saham tentu tidak semudah yang dibayangkan, ada cara tersendiri yang dapat anda lakukan supaya berhasil menjalankannya. Banyak sekali cara yang bisa anda dapatkan untuk menjalankan investasi saham, salah satunya belajar dengan orang yang berpengalaman. Dengan cara yang satu ini menjadikan anda lebih efektif untuk berinvestasi dengan baik dan benar. 

Adapun keuntungan dan juga kerugian yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi saham. Semua tergantung dari diri anda sendiri, bilamana mampu melakukannya dengan baik, maka investasi yang dijalankan dapat berjalan secara efektif. Beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa anda dapatkan bila menjalankan investasi saham diantaranya sebagai berikut! 


Keuntungan Investasi Saham 

Bagi anda yang menjalankan investasi saham, ada beberapa keuntungan yang bisa anda daptakan diantaranya sebagai berikut! 

- Modal Kecil 

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah modalnya yang kecil. Dimana anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankan investasi yang satu ini. Anda akan mendapatkan persentase keuntugan yang sangat menjanjikan dengan menjalankan investasi yang satu ini. 



Untuk melakukan transaksi pembelian saham kurang lebih modal yang diperlukan dalam pembelian saham perlembar hanya Rp. 100.000. Bahkan saat ini terdapat metode angsuran untuk pembelian lembar saham dengan keuntungan mencapi margin 100%. Keuntungan ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi anda bila menjalankan investasi yang satu ini. 



- Fleksibilitas Investasi 

Keuntungan yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah fleksibilitas dalam melakukan investasi. Bagi anda yang menjalankan investasi saham, anda tidak perlu membuang waktu dan juga tenaga hingga mengabaikan pekerjaan utama yang anda lakukan. Investasi saham bisa anda jalankan di waktu luang, sehingga tidak akan mempengaruhi pekerjaan utama yang anda jalankan. 



Anda dapat menjalankan investasi saham seperti memantau bursa efek dimana saja dan kapan saja. Apalagi sekarang sudah bisa dijalankan secara online menggunakan teknologi smartphone ataupun komputer. Anda tidak perlu repot-repot melakukan transaksi langsung. Dengan begitu, tenaga dan waktu yang anda miliki tidak terbuang sia-sia. Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dan mendapatkan penghasilan melalui investasi yang anda tanam. 



- Margin Naik Signifikan 

Menjalankan investasi saham akan membuat margin keuntungan investasi naik secara signifikan. Dimana kecenduerungan keuntungan yang didapatkan bilamana mengalami kenaikan secara drastic. Semakin tinggi harga per lembar saham perusahaan yang anda miliki, maka kian besar pula keuntungan yang bisa anda dapatkan. 



Anda bahkan akan bisa mendaptkan nilai titik capital gain dimana perusahaan pemilik saham memberikan bonus berupa uang tunai atau lembar saham kepada anda secara gratis. Pastinya akan menguntungkan bagi anda yang menjalankan investasi yang satu ini. 



- Prosentase Pajak Yang Relatif Kecil 

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan selanjutya adalah prosentase pajak yang relative kecil. Anda bisa membandingkannya dengan instrument pakan yang lainnya, dimana nilai pajak yang harus dibayarkan pada investasi yang satu ini cukup kecil nilainnya. 



Pajak yang harus dibayarkan yakni nilainya 0,1% dari keutnungan yang didapatkan oleh para investor. Dibandingkan dengan pajak yang lainnya, seperti halnya investasi properti, persentase pajak saham jauh lebih kecil nilainya. Hal ini tentu akan sangat mengutnungkan bagi anda. 



- Aman dan Transparan 

Bagi anda yang memilih untuk menjalankan investasi saham sangatlah tepat karena aman dan juga transparan. Dimana resiko penipuan akan minim sekali terjadi karena investasi yang satu ini bisa anda lihat sendiri bagaimana proses pengerjaannya. Selain itu, amannya investasi saham juga karena trading atau jual beli saham yang dilakukan dalam satu paying, yakni Bursa Efek Indonesia. 



Setiap transaksi yang dilakukannya akan terjamin keamanannya dan juga transparasinya untuk kalangan public. Hal tersebut termasuk dalam manfaat dari memilih investasi saham karena investor tidak perlu khawatr terjadi penipuan ataupun sabotase yang dilakukan oleh pihak yang mengadakan investasi saham. Sehingga modal yang ditanamkan akan tetap aman. 



Kerugian Investasi Saham 

Dalam menjalankan investasi saham, bukan hanya keuntungan saja yang bisa anda dapatkan, adapun beberapa kerugian yang bisa anda dapatkan diantaranya sebagai berikut! 

- Capital Loss 

Salah satu kerugian yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi saham adalah capital loss, yakni kerugian yang diperoleh dari selisih hagra jual dan harga beli saham. Dimana capital loss ini merupakan kebalikan dari capital gain yang merupakan kondisi dimana investor saham lebih rendah dari harga belinya. 



Dalam menjalankan aktivitas perdagangan saham tidak selalu pemodal yang mendapatkan capital gain yang dijualnya. Namun ada kalanya investor menjual sahamnya lebih rendah dari harga yang dibelinya, dengan begitu investor akan mengalami capital loss. 



- Tidak Memperoleh Deviden 

Sudah menjadi resiko dari kerugian yang bsia anda dapatkan bilamana anda menjalankan investasi saha,. Anda tidak akan mendapatkan deviden bilamana perusahaan mengalami kerugian. Potensi keuntngan untuk pemodal agar mendapatkan deviden ini ditentukan oleh kinerja yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. 



Biasanya keputusan untuk deviden ditentukan melalui rapat umum pemegang saham yang mayoritas pemegangnya tidak setuju untuk membagikan deviden kepada para investor dengan alasan tertentu. 



- Resiko Bangkrut dan Dilikuidasi 

Bilamana perusahaan sudah dinyatakan bangkrut, maka pengadilan dan perusahana tersebut hars dibuabarkan. Hal ini berdampak pada para pemegang saham sesuai dengan peraturan pencatatan saham di bursa efek dan klaim dari pemegang saham yang biasanya mendapatkan prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi kepada kreditur dan pemegang obligasi. 



Bilamana terdapat hasil sisa dari penjalan yang sudah dilakukan oleh perusahaan, maka sisa hasil tersebut dapat dibagikan kepada seluruh pemegang saham. Begitu juga sebaliknya, bilamana tidak ada sisa maka pemegang saham tidak akan mendapatkan keuntungan sepeserpun. 



- Resiko Suspend 

Resiko suspend bisa saja terjadi karena diberhentikan oleh otoritas bursa efek. Dengan demikian, pemodal tidak dapat menjual saham sehingga saham tidak dapat disuspend dan dicabut dari status suspend. Untuk jangka waktunya pun bervariasi tergantung seperti satu hari hingga beberapa hari dalam kurun waktu tertentu. 



Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya suspend seperti halnya harga saham yang mengalami lonjakan. Perusahaan tersebut dipailitkan oleh kreditornya, suatu kondisi yang mengaruskan otoritas bursa dapat mengentikan perdagangan sementara pada saham tersebut untuk kemudian diminta untuk konfirmasi lainnya. 

Demikian beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi yang satu ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel