Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Saat Belajar

Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Saat Belajar
Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Saat Belajar

Bagi seorang pelajar dan kebanyakan orang di luar sana, sulit sekali untuk melatih fokus dan konsentrasi dalam belajar karena beberapa faktor tertentu seperti kondisi ruangan yang berisik, suasana yang tidak memadai dan masih banyak lagi hal lain yang membuat anda kesulitan untuk fokus dan konsentrasi dalam belajar.

Nah, pada artikel kali ini kami ingin berbagi informasi penting kepada anda terkait tips melatih fokus dan konsentasi dalam belajar sehingga apa yang anda pelajari nantinya bisa dipahami dengan baik dan meresap ke otak anda. Penasaran seperti apa ?

Tips ini seringkali dipakai oleh para pelajar yang ingin menghadapi Ujian Nasional atau UN di sekolah.

Ada baiknya anda melakukan tips ini agar proses belajar anda jauh lebih nyaman dan lancar. Simak informasinya dibawah ini.

Tips Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Belajar 


1. Belajar diruangan yang sepi 

Salah satu cara terbaik untuk melatih fokus dan konsentrasi dalam belajar adalah berlajar di ruangan yang sepi, maksud belajar di ruangan yang sepi ini untuk mengantisipasi agar tidak mendengar suara berisik ataupun hal lain yang menggangu proses belajar anda.

Cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh para belajar dan sebagian besar orang dalam melatih fokus dan konsentrasi mereka, mungkin ada baiknya anda belajar di perpustakaan sekolah atau kampus, biasanya di perpustakaan diberikan peringatan untuk tidak berisik karena tempat banyak orang untuk belajar.

2. Analisa gangguan yang muncul 

Nah, kalau tips yang berikut ini adalah belajar dirumah dengan catatan anda harus bisa menganalisa gangguan yang muncul.

Maksud dari gangguan yang muncul ini meliputi banyak hal mulai dari pengaruh orang sekitar, banyaknya jumlah anggota di dalam keluarga, sedang ada hajatan di samping rumah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Coba lakukan analisa dengan baik apakah semua gangguan tersebut bisa membuat anda tetap tenang dan memahami apa yang sedang anda pelajari.

Tidak sedikit juga orang-orang yang mampu melatih fokus dan konsentrasi mereka di tempat yang ramai.

3. Batasi penggunaan ponsel 

Tips ketiga dari kami untuk anda yang ingin melatih fokus dan konsentrasi adalah batasi pengunaan ponsel yang berpengaruh terhadap proses belajar anda.

Penggunaan ponsel yang berlebihan biasanya akan menggangu proses belajar anda, mungkin ada baiknya anda matikan dulu data internet di ponsel atau pakai mode air plane agar tidak ada notifikasi tertentu baik dari chatting, sosial media dan lain sebagainya yang menggangu belajar anda.

Cara ini banyak diterapkan para pelajar dan mahasiswa, mematikan ponsel selama 1 – 2 jam untuk belajar manfaatnya sangat bagus.

4. Mendekatkan barang yang diperlukan 

Tips meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam belajar juga bisa dengan cara mendekatkan beberapa barang yang diperlukan seperti contohnya air minum, makanan dan beberapa buku.

Cara ini lebih efektif untuk mengurangi anda jalan mengambil keperluan yang sebenarnya bisa disiapkan terlebih dahulu.

Nah itulah hal penting yang perlu anda persiapkan sebelum memulai untuk belajar agar lebih fokus dan konsentrasi. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Saat Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel