Beragam Manfaat Buah Mengkudu dan Daunnya

Buah Mengkudu berasal daerah Asia Tenggara, buah ini   tergolong dalam famili Rubiaceae dan tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Buah  ini meliki warna hijau dan kuning langsat dan buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.



Buah ini memiliki Ciri  khas dengan bentuk bulat lonjong dan ada bintik totol agak besar yang menyelimuti buahnya. Buah dan daunnya memiliki rasa pahit. Karena itu pengolahan buah mengkudu harus cermat agar tidak terlalu pahit.

Buah  satu ini Selain dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, buah mengkudu juga dipercaya dapat melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan halus di wajah karna terkandung beragam nutrisi seperti Karbohidrat, Protein, Gula, Vitamin C, Vitamin E, Biotin, Folat, Magnesium, Kalium dan Kalsium. Mengkudu adalah buah yang sangat khas di negara-negara Pasifik. Tanaman ini di percaya memiliki banyak manfaat yang pada  umumnya diolah menjadi jus. Meski memiliki rasa yang sangat pahit dan memiliki aroma yang kurang sedap sehingga banyak orang yang kurang menyukai buah ini, Namun tidak sedikit masyarakat Indonesia mencoba untuk menggunakan buah ini dalam mengobati berbagai penyakit, mulai dari perawatan kulit, kesehatan jantung, hingga menurunkan kolesterol hingga sebagai obat herbal tak perlu lagi diragukan lagi


Dengan memiliki  kandungan antioksidan yang tinggi sehingga buah ini sangat baik untuk atasi berbagai masalah kesehatan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. 

Buah ini di percaya dapat mengobati berbagai penyakit, maka berbagai cara untuk mengolah buah mengkudu  karena Selain kandungannya yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, buah ini juga mengandung zat tertentu yang bisa menyebabkan racun jika salah mengolahnya.

Cara mengolah buah mengkudu bermacam macam tetapi yang paling banyak orang lakukan adalah dengan cara merebus atau menjadikannya jus kemudian mengonsumsinya , ada juga dengan cara diambil airnya lalu diminum hasil rebusannya  . 

Memanfaatkan buah mengkudu sebagai pengobatan alternatif dalam berbagai macam variasi, Dengan meminum rebusan buah mengkudu  yang sudah matang, maka manfaatnya untuk menjaga kesehatan jantung, terutama pada perokok aktif.  Air buah mengkudu membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi peradangan. Antioksidan pada buah mengkudu juga diklaim mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh tembakau pada rokok. 


Mengonsumsi jus dari buah mengkudu dipercaya dapat mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Selain itu juga kandungan antioksidan pada mengkudu memiliki khasiat melawan stres oksidatif, kecemasan, dapat membantu dalam pengobatan depresi yang dapat membahayakan neuron dan dapat meningkatkan kesehatan otak. 


Mengkudu ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi sehingga buah ini dapat di manfaatkan unutk kecantikan salah satunya manfaat buah mengkudu untuk wajah dapat membantu melawan infeksi maupun jerawat, terdapatnya vitamin C dalam buah ini berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel.

Selain buahnya yang memiliki berjuta manfaat ternyata daunya juga memiliki manfaat  untuk kesehatan yang sangat beragam, salah satu manfaat daun mengkudu dapat meringankan luka luka, membuat kulit menjadi awet muda, hingga menyembuhkan luka di gusi. Tetapi sebaiknya lebih berhati-hati sebelum menggunakannya sebagai obat tradisional.


Itulah beberapa manfaat buah mengkudu  dan daunnya yang bisa kalian di gunakanan sesuai dengan kebutuhannya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Beragam Manfaat Buah Mengkudu dan Daunnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel