Kandungan Jamur Kuping Hitam

Jamur kuping umum ditemukan dalam hidangan berupa kuah ataupun tumisan,terutama untuk daerah sumatera Selatan biasayna jamur ini dapat di jadikan campuran makanan khas mereka seperti tekwanatau model, jamur ini memiliki  tekstur yang kenyal dan warnanya yang hitam sehinnga membuatnya belum tentu disukai oleh semua orang. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa jamur ini  memiliki manfaat bagi kesehatan, jadi unutk menkonsumsinya sebaiknya perlu dipertimbangkan.



Jamur kuping adalah tumbuhan yang mudah ditemukan di Indonesia,  jamur ini merupakan salah satu spesies dari kelas Heterobasidiomycetes dengan tubuh buah berwarna coklat tua kemerahan dan berbentuk mirip sekali dengan daun telinga manusia. jamur ini  tumbuh di batang pohon mati yang basah dan lembap. Jamur kuping di ketahui terbagi menjadi dua jenis, yaitu jamur kuping merah atau Auricularia Auricula dan jamur kuping hitam atau Auricularia Polytricha. dan Jamur kuping yang  kerap diolah menjadi berbagai masakan adalah jamur kuping hitam.

Banyak orang tidak mengetahui kandungan apa yang tertara pada jamur kuping hitam  yaitu ada jamur kuping memiliki berbagai kandungan vitamin seperti B1, B2, B3, B6, B12, B9 atau asam folat, dan C. Selain itu, jamur ini juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc. 


Karakteristik yang dimiliki jamur kuping ini yaitu dengan memiliki tubuh buah yang kenyal jika dalam keadaan segar namun pada saat keadaan kering tubuh buah dari jamur kuping ini akan menjadi keras seperti tulang dan bagian tubuh dari jamur kuping berbentuk seperti  cuping seperti kuping manusia


Jamur kuping tidak hanya rendah lemak dan kalori, tapi juga kaya protein dan nutrisi lainnya. Selain sebagai salah satu bahan yang dapat di masak dan memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang banyak. Jamu kuping memiliki  manfaat lainnya untuk kesehatan yaitu :

Dapat Mengatasi Kanker 

Dibalik bentuknya yang unik, jamur kuping ternyata memiliki manfaat  yang  sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Jamur kuping bahkan mampu mengatasi dan mengusir berbagai penyakit yang mematikan, Lendir yang di miliki jamur kuping ini efektif dalam mengatasi berbagai penyakit dan  ampuh dalam  mengatasi kanker, meredakan hipertensi, dan menghambat penggumpalan darah.


Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat jamur kuping secara optimal bisa dilakukan dengan berbagai cara ,termasuk dengan mengolahnya sebagai masakan yang lezat dan dengan makan secara berkala dapat berguna untuk tubuh. Kandungan serat dan kalori yang dimiliki jamur kuping yang rendah sehingga sangat berguna untuk dijadikan menu diet dalam menurunkan berat badan. anda dapat memanfaatkan tumbuhan ini dalam menu diet  anda dengan seporsi jamur kuping yang dikonsumsi setiap hari mampu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh yang di butuhkan.


Memperlambat pertumbuhan bakteri

jamur kuping mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. kandungan tersrbut merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. jamur kuping juga memiliki kandungan ntimikroba sehingga mampu mengatasi beberapa macam bakteri dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi manusia


Dapat Menurunkan Kolesterol

Tumbuhan jamur kuping yang masuk kategori fungi dengan nama latin Auricularia auricula ini yang  memiliki teksturcukup kenyal, dengan diameter 2 sampai 15 cm. Ternyata sangat baik untuk menurunkan kolesterol  jahat  karena jamur ini dapat melancarkan peredaran darah  dan jamur ini mengandung serat yang tinggi, dalam satu mangkuk jamur kuping juga mempunyai zat besi sebesar 1,7 mg.


Itulah ada beberapa manfaat jamur hitam yang bisa anda manfaatkan dan dengan mengkonsumsi jamur hitam anda dpat juga meraskan manfaatnya untuktubuh


0 Response to "Kandungan Jamur Kuping Hitam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel