Bermacam macam khasiat bawang putih

Siapa yang tidak mengetahui bawang putih  tentunya sudah tak asing lagi. bawang putih memilik bermacam manfaat untuk kesehatan Selain sebagai bumbu dapur penyedap masakan, Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur favorit untuk menambah aroma dan cita rasa yang kuat pada masakan. Selain sebagai bahan dapur, bawang putih punya banyak  memiliki kandungan yang bermanfaat untuk memelihara tubuh. 





Bawang putih memiliki nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. 


meski bawang putih memiliki Bau yang menyengat  dari kandungan sulfur organik tetapi Tidak banyak yang tahu bawang putih memiliki beragam khasiat dan kegunaan yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya, khasiat bawang putih bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Dikalangan masyarakat bawang putih popular untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, selain itu bawang putih berkhasiat sebagai penambah stamina

Ada begitu banyak khasiat makan bawang putih bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin, berikut beberapa khasiat bawang putih untuk kesehatan.  


1. Menyehatkan jantung

Bawang putih mengandung antioksidan, anti inflamasi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, .Manfaat bawang putih paling efektif pada ekstrak bawang  yang dikeringkan (aged garlic). Ekstrak ini disebut mampu mengurangi plak lunak dan bisa membendung pembentukan plak baru di arteri. Sehingga garlic diketahui memiliki khasiat menangani berbagai penyakit. Kandungan yang terdapat dalam garlic adalah mangan, vitamin B6, vitamin C, zat besi, selenium, fosfor, vitamin B1 dan kalsium.

Meneruskan hasil penelitian Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih yang dikeringkan menunjukan penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif dalam arteri yang merupakan tanda penumpukan plak yang bisa mempersempit atau meyumbat arteri serta memicu peradangan. Apabila terus dibiarkan, maka seseorang akan rentan terkena stroke dan serangan jantung.


2. Menyembuhkan flu atu pilek

kandungan allicin dalam bawang putih ternyata bisa menjadi sulfur, ang menyebabkan bau enggak sedap, tapi sekaligus bagus untuk mencegah dan menyembuhkan flu. Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh, Studi menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih, lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.


3. Mengendalikan Tekanan Darah dan Kolestrol

 Makan bawang putih dapat mengendalikan tekanan darah dan kolestrol  yang biasanya menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. mengkonsumsi bawang putih mentah dapat mencegah tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

Bawang putih juga  dianggap sebanding dengan obat hipertensi generik. khasiat makan bawang putih mentah ini pernah dikemukakan oleh Pakistan Journal of Pharmaceutical yang mengungkapkan bahwa efek bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolic yang setara dengan obat hipertensi atenolol.

Bawang putih mengandung kalium yang bermanfaat mengontrol tekanan darah dalam tubuh dan mengandung alisin yang bermanfaat meluruhkan kolesterol dan lemak dalam tubuh.  


4. Meringankan Sakit Gigi

Seperti yang kita tahu, memang sudah banyak obat sakit gigi di apotek, namun kamu bisa mencoba cara alami yaitu dengan meletakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik.

Karena di dalam bawang putih, meiliki senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Dengan senyawa tersebut, bawang putih dapat membunuh kuman di dalam gigi yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Bakteri ini pulalah yang bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.


5. Dapat Mencegah kanker

Penyakit kanker dianggap penyakit yang paling tidak bisa desembuhkan dan belum ada obatnya. Meskipun pernah ada beberapa orang dari berbagai  pernah dikabarkan sembuh dari penyakit kanker. Namun tidak ada salahnya anda mencoba untuk pencegahannya.

Terbukti banyak khasiat bawang putih khususnya dapat mencegah kanker . Senyawa sulfur bioaktif yang dimiliki bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. 

Khasiat anti kanker disebabkan adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Bawang putih juga dinilai sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru.

0 Response to "Bermacam macam khasiat bawang putih "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel