Tips Belanja Bulanan Tetap Aman dan Hemat di masa Pandemi

 Belanja bulanan adalah aktivitas ibu yang dilakukan secara rutin. Ibu harus mengisi stok daging, sayur, dan buah di dalam kulkas agar anak-anak dapat makan makanan yang sehat dan berkualitas setiap harinya.



Salah satu yang harus diperhatikan adalah ketika ibu harus belanja bulanan ke supermarket. Persiapan dalam menjaga kebersihan harus dengan hati-hati agar Anda terhindari dari paparan kuman dan membawanya ke dalam rumah.

Jika penghasilan sedang tidak menentu atau besar, mungkin kamu bisa lebih dengan mudah merencanakan pengeluaran bulanan. Lain halnya jika penghasilan masih belum menentu, kamu harus lebih cermat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran agar keuangan tetap terkontrol Salah satunya adalah dengan menghemat uang belanja, apa lagi di masa pandemi seperti ini terkadang penghasilan beberapa rumah tangga agak terganggu, 

Seiring dengan itu, masyarakat kembali kerap berbelanja kebutuhan bahan makanan di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Namun,  Apalagi jika kamu ibu rumah tangga yang mengaharuskan untuk menghurus rumah tangga  termasuk keuangan keluarga memang tak mudah di tambah lagi dengan keadaan pandemi seperti ini tidak mudah untuk ibu rumah tangga keluar tiap saat unutk berbelanja. Untuk itu, pandai-pandailah menjalankan peran seorang ibu rumah yang bisa mengatur keuangan dan menjaga kesehatan keluarga. Sehingga ekonomi keluarga terjaga dan terhindar dari cekcok akibat salah atur uang dan kesehatan keluarga pun terhidar dari pandemi.


Berkut  beberapa Tips Belanja di masa pandemi agar anda tetap Hemat, aman dan nyaman


1. Buat Daftar Menu Kebutuhan Sebelum Belanja

Jika kamu belanja bulanan di mal atau pasar swalayan, maka tentu saja godaan untuk berbelanja akan semakin besar. Kamu akan disuguhi promo ini-itu yang sangat menarik dari merek ternama sehingga membuat anda belanja barang yang tidak terlalu penting. 

Di tambah lagi dengan situasi pandemi yang serba tidak pasti memang wajar membuat panik. Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus memborong bahan-bahan makanan dalam jumlah banyak alias panic buying. Alasannya, sih, untuk menyetok karena khawatir bakal kehabisan. Padahal, hal tersebut cuma bakal memperburuk keadaan.

Alangka baiknya sebelum pergi belanja anda  merapikan daftar menu kebutuhan mingguan atau bulanan dan mencatat apa saja yang perlu di beli, dengan daftar menu yang sudah kamu buat kamu dapat  terhindar dari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan maka belanja pun akan tekontrol.


2. Batasi  perjalanan belanja Anda

Anda harus membatasi seberapa sering Anda pergi berbelanja. Buatlah daftar belanja   agar mengurangi frekuensi keluar rumah. Gunakan waktu berbelanja dengan bijak. Utamakan beli kebutuhan sesuai daftar yang telah dibuat. Perhitungkan dengan baik jumlah makanan yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk periode waktu yang Anda rencanakan.

Jika memungkinkan, batasi satu orang saja untuk berbelanja bulanan. Anda mungkin tergoda untuk membawa anak-anak untuk berbelanja bersama karena bisa sekalian jalan-jalan. Namun, hal tersebut malah bisa meningkatkan risiko terpapar kuman lebih besar dibandingkan hanya pergi sendirian. Dengan keadaan saat ini kami sarankan Anda untuk berbelanja sendiri agar tetap fokus dalam memilih kebutuhan dasar dan pada saat yang sama menjaga kesehatan orang terdekat Anda.


3. Pergi ke Supermarket Lokal

Ada baiknya, Bunda belanja di supermarket lokal jika ingin mendapatkan penawaran harga terbaik. Umumnya, supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari dalam negeri akan memiliki harga lebih murah dan ada kemungkikan tidak banyak nya kerumunan.

Tepa jangan lupa memakai masker saat belanja Jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan hindari menyentuh mata, mulut, serta hidung Cuci tangan atau bersihkan tangan dengan cairan antiseptic secara rutin, terutama setelah menyentuh pangan mentah yang berasal dari hewan, uang, dan benda lainnya Jangan menyentuh hewan yang masih hidup Jangan membeli hewan liar


4. Belanja Sesuai Budget

Memiliki anggaran yang terencana pun bukan jaminan akan praktiknya yang ideal. Apalagi jika sejak awal tidak pernah menyusun anggaran keuangan belanja. Tentunya ini akan menghasilkan masalah baik dalam waktu cepat ataupun lambat.

Ketika budget belanja anda sudah ditentukan maka hindari belanja keluar dari anggaran. Misalnya saja ketika belanja melihat ada makanan yang sedang viral kemudian terpengaruh membelinya sebaiknya selesaikan dahulu kebutuhan yang perlu di beli, jika memag ada sisa nya anda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk membelinya.

Selain mengamalkan tips di atas, jika anda masi ragu dan takut untuk keluar rumah tetapi anda harus belanja kebutuhan ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencoba belanja online, pada saat seperti ini sudah banyak jasa yang menyediakan antar jempur belanjaan atau penjual siap antar pesanan.

0 Response to "Tips Belanja Bulanan Tetap Aman dan Hemat di masa Pandemi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel