Strategi Bisnis Usaha Laundry Rumahan

Seiring dengan perkembangan jaman, kini membuka usaha tidak mesti di tempat yang strategis. Usaha di lokasi strategis membutuhkan modal besar, persaingan ketat, dan lokasi strategis sangat terbatas. Jika anda memiliki modal terbatas maka jangan paksakan untuk membuka bisnis di lokasi usaha strategis. Buka usaha di tempat yang tidak strategis bisa saja. 



Usaha laundry menjadi salah satu bisnis yang diminati beberapa waktu belakangan. Generasi modern yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk mengurus masalah cucian menjadi target pasar yang potensial. Jasa laundry yang memprioritaskan kualitas pengerjaan bisa saja menghasilkan omset yang menakjubkan. 

Jasa laundry tidak hanya menjual jasa pelayanan yang berkaitan dengan hal cuci pakaian. Yang paling penting dari sebuah bisnis jasa sebenarnya adalah pelayanan atau servis, karena service-lah yang dibutuhkan pelanggan. Banyak bisnis laundry yang pada mulanya memiliki banyak pelanggan, tiba-tiba menjadi sepi. Hal ini tidak terjadi tanpa sebab. Seiring meningkatnya jumlah pelanggan, jika tak diikuti oleh peningkatan pelayanan bisa jadi boomerang bagi bisnis. Ini adalah kendala yang sering ditemui dalam bisnis usaha kecil.

Syarat utama untuk membuka usaha di tempat yang tidak strategis adalah tidak mempunyai pesaing atau kompetitor di wilayah tersebut. Sehingga usaha bisa laris manis diburu banyak orang. Namun perlu diantisipasi kehadiran usaha sejenis. Oleh sebab itu, bangunlah citra baik dan profesional dari usaha yang anda jalani, dan bangunlah loyalitas pelanggan sebelum usaha sejenis muncul dari sang kompetitor. 

Perkembangan bisnis laundry sekarang ini semakin hari kian meningkat pesat. Bahkan belakangan bisnis laundry banyak dipilih sebagai investasi masa depan mengingat keuntungannya cukup besar. Sehingga tidak heran lagi jika bisnis laundry sekarang ini banyak dijumpai di sekitar kita. Banyaknya layanan jasa sejenis menjadikan persaingan pasar bisnis laundry semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan sasaran pasar, berikut Strategi dalam mempersiapkan kebutuhan jelang buka usaha Laundry Rumahan :


1. Pasang spanduk atau banner  

Memasang spanduk ataupun banner didepan outlet yang Anda miliki maka pasar sekitar Anda akan mengetahui keberadaan bisnis Anda. Usahakan banner atau spanduk dibuat menarik, dengan warna dan tulisan yang menyolok, tapi tidak norak. .

Usahakan posisi banner atau spanduk tersebut bisa dilihat pemakai jalan tanpa mereka harus menoleh. Hal ini perlu dilakukan agar pemakai jalan yang konsentrasi pada jalan didepannya juga bisa melihat banner tersebut, karena nggak semua pemakai jalan senang dengan toleh kanan kiri. Tulisan pada banner atau sapnduk harus jelas menunjukkan bahwa ada outlet laundry disitu. Jadi fungsi banner tersebut hanya sebagai penangkap pandangan mata, sehingga setelah mereka melihat tulisan tersebut akan menengok kearah outlet Anda.


2. Sebarkan brosur

Selain menggunakan banner dan spanduk, Anda bisa juga menyebarkan brosur untuk lebih mengenalkan bisnis laundry kiloan Anda. Cantumkan jenis layanan, kalau perlu sekaligus dengan harga untuk tiap layanannya. Dan yang tidak kalah penting alamat yang tercantum pada brosur tersebut harus jelas, kalau perlu kita beri denah untuk memudahkan calon konsumen mencari lokasi outlet Anda.


3. Sistem pemasaran

Analisa kembali bagaimana langkah Anda untuk mengenalkan usaha laundry kepada khalayak luas. Apakah Anda bakal memberikan selebaran, iklan atau  melakukan promosi secara online. Selain itu, Anda juga harus bisa membuat promo yang menarik minat pelanggan.  Promosi sangat penting untuk menarik calon konsumen. Kita bisa promosi dengan memberikan discount atau harga khusus selama masa promosi. 


4. Menentukan Harga 

Periksa terlebih dahulu patokan harga yang biasa diberikan oleh layanan usaha laundry lainnya di area Anda. Sehingga, harga yang akan Anda patok untuk usaha laundry ini tidak akan terkesan terlalu mahal nantinya.

Dalam menentukan harga usaha laundry harus disesuaikan dengan target market yang akan disasar. Jangan sampai harga yang sudah kamu tentukan tidak cocok dengan target market yang kamu tuju, pastikan harga yang kamu tawarkan sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang kamu berikan.


5. Siapkan layanan antar jemput

Pilihan layanan untuk antar jemput pakaian milik para pelanggan. Ini bisa Anda lakukan via pemesanan, yakni cukup menghubungi via Whatsapp semisal. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membebaskan ongkos antar jemput untuk cakupan area tertentu dalam radius yang Anda pikir masih memungkinkan. Jangan lupa juga untuk menentukan jam-jam pengiriman yang jelas dan memastikan ada yang akan menerima barang saat dikirimkan ke alamat para pelanggan.


Dengan beberapa poin diatas, diharapkan pemasaran bisnis laundry kiloan bisa berjalan dengan baik, dan bisnis kita bisa berkembang.

.

0 Response to " Strategi Bisnis Usaha Laundry Rumahan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel