BISNIS DI TENGAH PANDEMI YANG MENJANJIKAN

Kondisi tersulit yang dialami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia selama pandemi Covid-19, Setelah bisnis yang si jalani bisa bertahan selama pandemi , sebagian UMKM mulai menunjukkan perbaikan kinerja keuangan.


Tingginya kemampuan UMKM dalam menciptakan kesempatan kerja mengindikasikan bahwa UMKM memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan di seluruh wilayah tanah air. 

Namun di sisi lain, UMKM memiliki banyak kendala yaitu keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang rendah, penurunan penjualan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Akibat hantaman pandemi Covid-19 Ketidakpastian dalam segala hal terutama sektor bisnis, yang harus dihadapi masyarakat kita bahkan secara global. Namun, seperti kata pepatah, ‘krisis adalah peluang’. Itulah yang harus kita lihat secara positif dari adanya pandemi yang telah berlangsung sejak Maret 2020 lalu itu.

Dampak negatif pandemi Covid-19 telah menghambat pertumbuhan UMKM. Bukan hanya pada aspek produksi dan pendapatan, namun juga pada jumlah tenaga kerja yang harus dikurangi dan sebagainya. Akibatnya, kehidupan warga sangat dibatasi dan tidak bisa menikmati layakknya normal sebagaimana biasanya.

Berada di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19, ekonomi dunia yang sempat terpuruk dan menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat. Situasi yang membaik ini tentu bisa menjadi peluang, terutama yang sempat terdampak pandemi. Misalnya dengan mulai merintis bisnis secara online.

Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional.

Pandemi COVID-19 masih menunjukan tanda-tanda belum berakhir di belahan dunia. Tetapi, sejatinya bagi pebisnis sejati, di setiap kondisi krisis yang tajam, setelahnya pasti ada peluang. Di saat banyak bisnis yang tumbang, setelahnya pasti ada peluang yang terbentang, maka dari itu bagi pembisnis harus dapat  menciptkan peluang usaha yang cocok dijalankan dan menjanjikan selama pandemi seperti berikut :


1) Jual Makanan dan Minuman Sehat

Semua orang butuh makan apapun kondisinya. Karenanya sektor inipun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi.Terlebih selama pandemi, aturan menyatakan bahwa sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi asalkan mengikuti peraturan.

Bisnis kuliner seperti cafe dan restoran yang memberikan layanan makan di tempat (dine-in) merupakan salah satu bisnis yang terkena imbas Covid-19. Dimana konsumen Indonesia saat ini lebih memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama virus Covid-19 ini berlangsung.

Janag lupa, pelayanan yang baik seperti menyediakan berbagai macam layanan pesan-antar dan proses pembayaran juga bisa jadi strategi untuk memuaskan pelanggan. Jangan ragu juga meminta masukan dan testimoni dari produk yang kita jual.


2) Menjual Produk Fashion

Peluang bisnis setelah pandemi tak hanya pada bisnis makanan dan minuman saja. Bisnis fashion terbukti juga mampu bertahan, dan bahkan mengalami peningkatan. Terutama, penjualan yang digenjot melalui online. 

Penjualan produk fashion dapat meningkat hingga dua kali lipat. asal tetap mempertahankan tren kebutuhan fashion selama pandemi dan fokus menjual produk untuk penggunaan sehari-hari. Misalnya, sandal rumah, kaos dan hoodie. Produk pakaian rumahan banyak diminati karena konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Pelayanan yang baik seperti menyediakan berbagai macam layanan pesan-antar dan proses pembayaran juga bisa jadi strategi untuk memuaskan pelanggan. Jangan ragu juga meminta masukan dan testimoni dari produk yang kita jual.


3) Menjual Produk dan Alat  Kesehatan

Bisnis Penjualan masker dan hand sanitizer pada masa pandemi Covid-19 dapat menjadi peluang yang bagus Seperti kita ketahui, semua orang membutuhkan masker dan hand sanitizer saat ini, dan bisnis ini adalah peluang bagi kita untuk membuat produk masker yang berkualitas untuk dijual di pasaran karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, Tapi perlu di perhatikan harus memproduksi  masker dan hand sanitizer yang sesuai dengan standar. 

Bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah obat-obatan herbal. Prioritas konsumen saat ini  menjaga imun tubuh, karena herbal dinilai lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang ketimbang obat yang mengandung bahan kimia.  makanya bisnis yang berkaitan dengan imunitas utamanya yang herbal  sangat bagus.

Produk kesehatan ini jelas punya peluang yang menjanjikan di masa pandemi Covid-19.


Itulah ide bisnis peluang usaha yang cocok dijalankan yang bisa Anda implementasikan masa pandemi covid-19.  Yang penting, pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda agar lebih mudah saat memulainya pertama kali.

0 Response to "BISNIS DI TENGAH PANDEMI YANG MENJANJIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel