Pengertian Whatsapp Bisnis Hingga Cara Menggunakannya Secara Lengkap

 
Pengertian Whatsapp Bisnis Hingga Cara Menggunakannya Secara Lengkap
Pengertian Whatsapp Bisnis Hingga Cara Menggunakannya Secara Lengkap

Koincuan.com – Pengertian apa itu whatsapp atau wa bisnis hingga cara menggunakannya secara lengkap.

Whatsapp ( WA ) bisnis merupakan salah satu platform yang dikembangkan oleh pihak Facebook atau Whatsapp untuk mempermudah setiap pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan whatsapp biasa, hanya saja terdapat beberapa fitur lengkap untuk anda berjualan produk maupun jasa sehingga lebih mudah dalam pengoperasiannya sendiri.

Tidak semua orang yang memiliki usaha memahami penggunaan dari whatsapp / wa bisnis ini.

Padahal, whatsapp bisnis memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa anda dapatkan pada whatsapp biasa yang mungkin sedang anda pakai saat ini.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai pengertian whatsapp bisnis hingga penggunaanya.

Apa itu Whatsapp Bisnis ? 


Whatsapp bisnis merupakan aplikasi kedua setelah whatsapp personal yang biasa anda gunakan untuk chatting, hanya saja penggunaan whatsapp bisnis lebih tertarget untuk pelaku bisnis online mulai dari jualan produk dan jualan jasa.

Whatsapp bisnis ini gratis untuk anda gunakan dan tidak dipungut biaya sepeserpun, untuk karena itu sudah banyak orang diluar sana yang memanfaatkan wa bisnis untuk keperluan penjualan kepada calon clien maupun konsumen.

Fitur-fitur Bermanfaat di Whatsapp Bisnis 


Berikut ini adalah beberapa fitur bermanfaat dan menguntungkan di whatsapp / WA bisnis yang mungkin cukup penasaran ingn anda ketahui.

1. Tampilan Infomasi Profil 

Salah satu fitur menarik menurut kami pada whatsapp bisnis terletak pada bagian tampilan profil dari setiap pengguna.

Pada bagian profil akan disajikan secara lengkap informasi toko online anda yang bisa dilihat oleh semua calon clien dan clien yang sudah anda save nomor teleponnya.

Beberapa menu yang akan ditampilkan pada bagian profil ini cukup banyak mulai dari informasi : Gambar profil, Nama toko anda, Tulisan : Akun bisnis, Alamat dan lokasi toko, Jenis layanan, Jam buka, Email toko, Nomor telepon, Alamat whatsapp, Akun Instagram, Katalog produk, Informasi toko.

Sangat lengkap bukan ? Inilah yang membedakan whatsapp bisnis dengan whatsapp biasa yang anda pakai saat ini.

Semakin lengkap informasi toko anda maka semakin kredibel di mata calon konsumen.

Itulah kenapa whatsapp ingin memberikan kemudahan kepada setiap pelaku bisnis online dalam meningkatkan penjualan mereka.

2. Terdapat Label 

Label pada whatsapp bisnis ini berguna sekali untuk memberikan tanda kepada setiap clien yang mungkin saja memesan produk atau layanan anda, sehingga tidak lupa maka anda bisa memberikan label pada setiap nomor telepon yang sudah chatting dengan anda.

Contoh saja, nomor baru masuk dan order layanan anda, kemudian anda memberikan labe “ Pesanan baru “. Setiap warna label yang ada menunjukkan status orderan dari clien.

Mulai dari ( Pelanggan baru, Pesanan baru, Menunggu pembayaran, Telah Membayar, Pesanan selesai dan lain-lain ).

Anda juga bisa mengedit label ini sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Menarik bukan ?

3. Fitur Pesan diluar jam kerja 

Fitur lain yang bisa anda dapatkan ketika memakai aplikasi whatsapp bisnis adalah “ Fitur di luar jam kerja “ yang memudahkan anda untuk memberi informasi kepada setiap clien bahwa toko anda sedang tutup.

Ini akan ada kaitannya denga jam buka yang nanti anda setting di halaman menu profil, contoh kalau buka toko dari pukul “ 08.00 – 16.00 “, maka orang yang chat anda di jam 16.02 akan mendapatkan pesan otomatis ini.

Anda bisa setting pesan diluar jam kerja dengan cara masuk ke whatsapp – setelan bisnis – pesan diluar jam kerja – centang kirim pesan diluar jam kerja – edit kata-kata / default – beri jadwal – pilih penerima – simpan. 

4. Fitur Salam 

Fitur terbaru yang sebenarnya sangat penting adalah fitur salam, setiap orang/ clien yang datang ke toko anda secara umum selalu diberi salam terlebih dahulu.

Hal ini juga berlaku di whatsapp bisnis, ada baiknya anda mengaktifkan fitur ini untuk terkesan lebih ramah kepada setiap clien atau konsumen anda.

Cara mengaktifkan fitur ini juga sama seperti cara aktifkan fitur pesan diluar jam kerja .

Anda tinggal masuk ke menu whatsapp – Setelan bisnis – salam – aktifkan salam – edit – simpan.

Secara otomatis jika ada nomor baru masuk, kalimat salam yang anda buat tadi akan muncul dan menyapa calon clien.

5. Fitur balas cepat 

Fitur bahas cepat ini memudahkan setiap pengguna whatsapp bisnis untuk memberikan informasi produk/ syarat dan ketentuan / promo dan lain-lain hanya dengan menekan tombol “/”.

Secara otomatis anda akan mendapatkan banyak pilihan kalimat yang sudah ditulis sebelumnya. Cara mengaktifkannya juga sama seperti nomor 3 dan 4.

Masuk ke whatsapp – setelah bisnis – balas cepat – edit kata-kata – pilih kode “/” – simpan. Untuk mengetesnya bisa langsung coba untuk chat ke akun whatsapp anda yang lainnya.

Apa Perbedaan Akun Whatsapp Bisnis dengan akun wa bisnis ? 


Secara fungsinya tetap sama saja, hanya perbedaan ini terletak pada fitur yang sebenarnya pada wa bisnis lebih ditunjukkan untuk pelaku usaha dan whatsapp biasa untuk penggunaan secara umum.

Munculnya whatsapp bisnis ini dimaksudkan agar bisnis yang anda jalankan tidak dicampur menjadi satu dengan whatsapp biasa, sehingga lebih rapi dan terstruktur.

Bagaimana Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis ? 


Penggunaan whatsapp bisnis ini sangat mudah, kalau anda sekarang sudah memiliki whatsapp biasa maka tidak akan berpengaruh jika menginstal whatsapp bisnis di telepon yang sama. Jadi, anda nantinya akan mendapatkan 2 akun whatsapp yang nomornya berbeda. Berikut tips penggunaan whatsapp bisnis untuk pemula.

  1. Langkah pertama silahkan anda masuk ke Google playstore ( Pengguna android ) dan App Store ( Pengguna Iphone ). Klik pada kolom search “ Whatsapp Business “. Kemudian akan muncul gambar whatsapp dengan logo huruf “ B “ yang artinya Business. 
  2. Langkah kedua, silahkan anda unduh terlebih dahulu whatsapp bisnis dan lakukan instalisasi seperti biasa di ponsel anda. Jika sudah selesai, silahkan keluar dari playstore. 
  3. Langkah ketiga, anda siapkan satu nomor baru untuk whatsapp bisnis ini. Karena tidak bisa jika memakai nomor yang sudah anda pakai di whatsapp bisnis. Jadi, nanti nomor whatsapp bisnis anda itu ada sendiri. 
  4. Langkah keempat, lakukan verifikasi nomor baru anda untuk whatsapp bisnis tadi, biasanya akan muncul kode sms notifikasi dan masukkan kodenya di dalam akun whatsapp bisnis. 
  5. Langkah kelima, lakukan setting pada Nama Toko anda dan lalu save. Selanjutnya anda bisa melakukan beberapa pengaturan pada bagian setelan bisnis untuk melengkapi informasi dari toko anda. Panduannya bisa anda lihat pada bagian “ Fitur” diatas. 
  6. Sekarang anda sudah bisa memakai whatsapp bisnis untuk mulai berjualan. 

 

Pertanyaan-Pertanyaan Tentang Whatsapp Bisnis Yang Sering diajukan 


1. Apakah akun whatsapp / wa bisnis ini berbayar ? 

Jawaban :

Tidak. Akun Whatsapp bisnis ini gratis untuk digunakan oleh semua orang.

2. Kenapa WA jadi akun bisnis ? 

Jawaban :

Sebenarnya whatsapp itu ada dua. Pertama akun biasa untuk personal dan kedua untuk akun bisnis / pelaku usaha.

3. Bisakah 1 handphone untuk 2 whatsapp / wa ?

Jawaban :

Bisa sekali. Bahkan sekarang ini anda bisa memanfaatkan fitur clone app dari bawaan handphone sehingga bisa menjadikan aplikasi whatsapp ganda. Kalau untuk kasus whatsapp bisnis ini sudah pastinya bisa.

4. Kenapa whatsapp bisnis tidak bisa dibuka ?

Jawaban :

Penyebabnya ada beberapa hal. Pertama tidak support dengan versi android anda saat ini, RAM Memory yang kecil, Akun whatsapp bisnis anda di blokir.

5. Apakah whatsapp bisnis bisa dua Hp ?

Jawaban :

Bisa. Anda bisa memakai 2 akun whatsapp bisnis dengan bantuan “ App clone “ yang mana sudah ada bawaanya di Hp tertentu seperti merk Xiaomi.  Sedangkan untuk handphone lainnya bisa memakai aplikasi pihak ketiha “ Paralel “ di Playstore.

6. Kenapa Nomor wa bisnis ada tulisan khusus ?

Jawaban : 

Fungsi dari tulisan khusus ini untuk memberitahu pelanggan / orang yang sedang chattingan dengan pengguna wa bisnis agar tahu kalau orang yang mereka hubungi adalah penjual online.

7. Bagaimana cara menambah kontak di whatsapp bisnis ?

Jawaban :  

Sama dengan whatsapp biasa. Cukup dengan masuk whatsapp – klik PESAN – klik tambah kontak baru – masukkan detail kontak – save.

8. Kenapa Notifikasi whatsapp bisnis terlambat masuk ?

Jawaban : 

Kejadian ini seringkali dialami oleh beberapa pengguna smartphone merk Asus ( UI lama ).
Biasanya karena tidak terlalu support atau masih ada bug tertentu.  Namun, pengguna ponsel lain pastinya tidak akan merasakan lagi ini. Coba anda lakukan pembersihan ruang memory dan cache ponsel di bagian pemeliharaan ponsel.

Apa Keuntungan Menggunakan Whatsapp bisnis ini ? 


Ada banyak sekali keuntungan kalau anda memakai wa bisnis untuk menjalankan dan mengembangkan usaha online anda.

Berikut ini adalah keuntungan yang anda bisa anda dapatkan ketika memakai wa bisnis.

  • Usaha anda lebih terlihat profesional 
  • Bisa upload katalog produk dengan mudah 
  • Bisa mengatur jadwal buka toko dengan membuat jadwal jam buka dan jam tutup 
  • Bisa memberikan label pada setiap calon pelanggan / clien anda.
  • Lebih kredibel dan dipercaya banyak calon konsumen 

Nah itulah beberapa informasi yang ingin kami sampaikan kepada anda tentang pengertian akun whatsapp bisnis hingga cara menggunakannya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Whatsapp Bisnis Hingga Cara Menggunakannya Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel