Dampak Positif dan Negatif Jika Indonesia Lockdown

 
Dampak Positif dan Negatif Jika Indonesia Lockdown
Dampak Positif dan Negatif Jika Indonesia Lockdown


Koincuan.com - Dampak positif dan negatif jika Indonesia di Lockdown. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia belum sepenuhnya tahu apa sebenarnya pengertian dari Lockdown ini sehingga banyak sekali pro kontra yang hadir pada kalangan masyarakat di tengah maraknya wabah Covid-19 ( Corona Virus ) ini.

Perlu untuk anda ketahui bahwa istilah Lockdown sendiri berasal dari bahasa inggris yang artinya menerapkan karantina pada suatu wilayah tertentu baik lokal / luas yang tujuannya untuk mencegah perpindahan orang ( Masuk / Keluar wilayah ).

Kebijakan Lockdown ini biasanya ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam kondisi dararut seperti contohnya perang dan penyebaran penyakit menular seperti yang sedang dialami oleh negara tercinta kita ini.

Akibat dari pandemi corona ini, sebagian besar negara di dunia sudah menentapkan kebijakan Lockdown untuk mengurangi angka penuluaran dari setiap warganya.

Beberapa negara yang sudah menerapkan kebijakan lockdown seperti Italia, Tiongkok dan Spanyol.

Dampak Positif dan Negatif Jika Indonesia di Lockdown


Jika kita melihat lagi ketentuan dari Undang-undang No. 6 Tahun 2018 yang menyatakan tentang karantina kesehatan, dituliskan bahwa wilayah yang didefinisikan sebagai pembatasan penduduk dalam suatu wilayah tertentu baik pintu masuk beserta isinya yang terinfeksi penyakit atau sedang dalam kondisi terkontaminasi maka pemerintah pusat akan menerapkan kebijakan untuk mengarantina wilayah.

Jadi, dalam kasus ini salah satu kota yang paling dominan dalam penyebaran virus covid-19 harus di Lockdown atau dikarantina, contohnya ( Jakarta ).

Meskipun kebijakan ini belum diambil atau masih ragu dalam memutuskannya, pemerintah setidaknya bisa mengambil langkah tegas dalam mengatasi masalah ini, mengingat tidak semua masyarakat Indonesia itu paham dan mengerti akan himbauan maupun maklumat yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sedangkan kebijakan lockdown atau karantina suatu wilayah masih belum pasti apakah akan dilakukan atau tidak mengingat jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan drastis hampir menyentuh angka 1000.

Berbicara tentang lockdown, tentunya anda penasaran bagaimana dampak yang akan muncul jika Indonesia menerapkan kebijakan ini. Silahkan anda lihat.

Dampak Positif Jika Indonesia di Lockdown


Berbicara tentang dampak positif jika Indonesia mengikuti negara lain untuk menerapkan kebijakan lockdown, maka sudah dipastikan terjadi penurunan jumlah kasus karena banyak orang yang akan tinggal dirumah dan tidak ada aktivitas apapun di wilayah yang sedang di karantina.

Meskipun hal ini masih banyak ditentang oleh sebagian masyarakat dan pelaku usaha, tetapi paling tidak beberapa contoh seperti China, Italia sudah menerapkan hal ini dan terbukti mengurangi kasus penularan Covid-19.

Dampak Negatif Jika Indonesia di Lockdown


Sekarang bagaimana dengan dampak negatifnya sendiri ?

Menurut Ekonom PT Bank Central Asia ( BCA ) David Sumual menjelaskan kalau lockdown ini jelas dampaknya akan cukup berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia, karena Jakarta merupakan wilayah utama pergerakan uang serta perekonomian yang angkanya bisa mencapai 75%. Sisi baiknya disini, beberapa negara juga memutuskan untuk lockdown sehingga pertumbuhan ekonomi ditengah wabah corona virus hampir semuanya mengalami penurunan.

Opsi Bagi Pemerintah Jika Tidak ingin adanya Lockdown


  • Pemerintah harus bisa menyediakan berbagai alat-alat kesehatan dan persedian obat yang merata untuk wilayah yang sedang di Lockdown. Mengingat jika adanya lockdown maka lalu lintas barang akan cukup terganggu.
  • Pemerintah harus menyediakan pasokan pangan karena sudah jelas masyarakat akan banyak membutuhkan hal ini.
  • Pemerintah harus siap untuk memberikan bantuan langsung tunia dalam penerapan kebijakan lockdown, karena mereka yang bekerja secara informal tentu tidak akan mendapatkan penghasilan sama sekali.
Terakhir, pemerintah harus benar-benar memikirkan skenario terburuk jika kebijakan lockdown ini akan di terapkan.

Dampak positif dari adanya lockdown ini jelas tidak sebanyak dampak negatif yang akan terjadi.

Sekian informasi dari kami mengenai dampak positif dan negatif kebijakan Lockdown di Indonesia - Jakarta. Terimakasih. 

Sumber : Detikfinance

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Jika Indonesia Lockdown"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel