Buka Usaha Bisnis Baju Online Modal 10 Juta

Buka Usaha Bisnis Baju Online Modal 10 Juta
Buka Usaha Bisnis Baju Online Modal 10 Juta

Koincuan.com
- Sampai detik ini masih banyak orang-orang yang sedang mencari usaha seperti buka usaha bisnis jualan baju online dengan modal sekitar 10 jutaan.

Nah pertanyaannya apakah bisa membuka bisnis jualan baju atau busana secara online dengan modal 10 juta saja ?  Tentu jawabannya adalah BISA.

Membuka usaha dengan modal 10 juta bisa dilakukan oleh siapa saja dengan syarat modal yang akan dipakai adalah modal yang benar-benar tidak digunakan untuk keperluan lain. Sehingga pengelolahan dana modal bisa terealisasikan secara maksimal.

Pada artikel kali ini, kita akan berbicara mengenai cara mudah membuka usaha atau bisnis jualan baju online dengan modal hanya 10 jutaan saja.

Tentunya dengan beberapa tantangan yang harus anda lalui seperti berani mengeluarkan modal sebesar itu, punya tekad yang kuat serta konsisten dan pastinya bersabar.

Mari kita kupas tuntas seperti apa caranya membuka usaha jualan kaos atau baju online dengan modal 10 juta hingga 20 jutaan. Silahkan simak baik-baik informasinya dibawah ini.

Tips Buka Usaha Jualan Baju Kaos Online Dengan Modal 10 - 20 Jutaan 


Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu jika ingin sukses berjualan kaos atau pakaian secara online dengan modal 10 juta. Silahkan baca baik-baik informasinya dibawah ini.

#Memiliki Akun Sosial Media

Hal pertama yang harus anda persiapkan sebelum membuka usaha jualan pakaian atau baju/kaos, pastikan sudah memiliki sosial media yang nantinya bisa dipakai untuk promosi atau pemasaran produk anda secara online.

Contoh beberapa sosial media yang seringkali dipakai untuk promosi bisnis jualan kaos secara online adalag Instagram, Facebook dan Twitter.

Penggunaan sosial media juga tergantung dari anda sendiri, jiak dirasa menggunakan IG  jauh lebih mudah, maka kami sarankan untuk menggunakan IG saja.

Tetapi jika anda merasa menggunakan facebook atau twitter jauh lebih mudah, silahkan digunakan atau ketiga-tiganya dipakai semua jauh lebih maksimal.

Nah setelah anda membuat akun sosial media, pastikan follower atau pengikut sudah mencapai kapasitas yang ideal contohnya 100 follower atau 1000 follower sudah bisa untuk berjualan produk anda.

Lantas bagaimana jika tidak ada follower ? Yah harus didatangkan terlebih dahulu dengan berbagai cara seperti membuat promosi, memberikan hadiah atau giveway dengan mentag beberapa tagar yang berkaitan dengan giveway, membeli follower dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika dirasa akun sosial media anda sudah lengkap dan siap untuk dipakai berjualan, selanjutnya siapkan produk atau brand pakaian yang akan dijual.

#Menyiapkan Produk ( Langsung dan Pre-Order )

Langkah kedua yang bisa anda lakukan setelah akun sosial media sudah siap adalah menyiapkan produk pakaian atau baju yang hendak dijual.

Tetapi pada tahap ini seringkali kebanyakan penjual terlalu terburu-buru untuk eksekusi barang, padahal belum tentu ada banyak peminatnya.

Nah biar anda tidak rugi karena barang tidak diminati pembeli, lebih baiknya kalau anda membuka PO atau preorder produk 2 dalam rentang 1 - 2 minggu.

Dari sini anda bisa melihat minat dari pembeli terhadap produk yang ditawarkan cukup tinggi atau rendah.

Membuata desain kaos sendiri atau produk tidak semudah yang dibayangkan, anda harus pintar-pintar mencari ide seperti apa desain dan target pasar pakaian anda kedepannya.

Contoh anda menarget pasar untuk para pendaki atau pecinta traveling, maka buatlah desain yang berhubungan dengan kegiatan mereka.

Desain yang memiliki ciri khas seperti itu biasanya akan dilirik oleh orang-orang atau konsumen yang sesuai dengan kehidupan mereka.

Pastikan desain produk yang anda buat tidak membosankan/monoton karena akan sulit untuk bersaing di sosial media. Pastikan juga bahan kaos atau pakaian yang anda jual jauh lebih baik dibandingkan pedagang lainnya.

Nah jika dirasa preorder sudah cukup banyak, maka selanjutnya anda bisa menghubungi vendor konveksi pakaian yang ada di kota anda. Silahkan baca di tahap ketiga.

#Menghubungi Vendor Pakaian

Salah satu cara agar jualan baju online anda berhasil maka produksi harus diserahkan ke bagian vendor atau jasa konveksi kaos yang ada di daerah anda. Karena kalau anda mengurusi keduanya pastinya membutuhkan modal yang besar.

Sistem kerja produksi dari vendor sendiri juga memiliki peraturan seperti minimal produksi adalah 12 pcs atau 1 lusin dengan desain yang sama namun bisa acak untuk ukuran ( S, M, L, XL ).

Sedangkan untuk biaya sablon dll juga disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk kita coba berhitung.

Misal anda ingin memproduksi 12 kaos / 1 lusin kaos, maka harga pasaran produksi dari tempat konveksi sebagai berikut.

  • Bahan kaos 100% Katun
  • Bahan sablon Plastisol
  • Cotton Combed 30s

Harga dari 1 kaos produksi sendiri sekitar IDR 55.000 untuk wilayah jogja dengan spesifikasi standar distro.

Jadi kalau anda produksi 12 pcs tinggal kalikan saja dengan 55.000. Nah seperti itu perhitungannya.

Untuk menaikkan nilai bahan hanya menambah beberapa ribu saja, tidak terlalu mahal. Anda bisa menjual sekitar 95.000 / kaos.

#Cara Memasarkan

Selanjutnya kita masuk ke tahap terakhir yaitu pemasaran kaos atau pakaian yang sudah anda produksi.

Cara pemasarannya sangatlah mudah, pastikan juga anda bisa mengambil gambar kaos atau pakaian yang hendak dijual sebagus mungkin karena dari situlah pembeli akan menilai produk anda.

Konten untuk pemasaran produk yang nantinya diupload ke IG atau sosial media lainnya haruslah menarik, unik dan pastinya memiliki daya tarik sendiri.

Jangan sampai upload konten yang asal-asalan karena banyak dari pembeli yang tidak akan tertarik.

Salah satu cara agar produk kaos atau baju cepat laku di sosial media maka gunakan promosi yang sudah disediakan oleh pihak Instagram atau Facebook.

Dari situ anda bisa mulai mempromosikan produk anda dan mendapatkan banyak pelanggan dengan mudah.

Keuntungan dari promosi ini sendiri adalah menambah banyak like, pelanggan/konsumen baru serta menambah jumlah follower sosial media.

#Perhitungan Total Biaya 

Nah karena kita tadi membicarakan cara membuka usaha atau bisnis jualan kaos/baju dengan modal 10 juta, mari kita mulai menghitung berapa banyak pengeluaran yang dipakai untuk membuka bisnis ini dari modal yang sudah tersedia.

Modal Membuka Akun Sosial Media

  • IG, Facebook dan Twitter : GRATIS
  • Website resmi : IDR 350.000
  • Promosi IG : IDR 650.000 - IDEAL

Modal Produksi Kaos ( Baju bisa ditanyakan ke vendor 
  • Modal Produksi 4 Lusin Kaos : IDR 2.640.000

Total Biaya yang dikeluarkan IDR 3.640.000 ( Biaya ini berlaku untuk 4 lusin kaos yah, kalau mau ditambah juga bagus asalkan sesuai dengan jumlah preorder atau sudah memiliki pelanggan tetap ). Sehingga modal masih tersisa sekitar IDR 6.360.000 an.

Sisa modal usaha bisa dipakai untuk pengembangan bisnis atau menambah jumlah produksi kembali.

Oke sekian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai buka usaha bisnis pakaian online dengan modal 10 jutaan hingga 20 jutaan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel