Tips Sehat Untuk Yang Hobi makan Gorengan

Sesuatu yang digoreng dalam minyak panas alias gorengan memang sulit untuk ditolak. Sudah diberi predikat tidak sehat pun, orang-orang tetap saja susah meninggalkan makanan renyah dengan rasa gurih yang satu ini.


Menggoreng merupakan salah satu teknik memasak dengan cara mematangkan bahan makanan dalam rendaman minyak panas. Proses ini menghasilkan rasa renyah dan gurih yang sangat enak di lidah. Karena itu banyak orang tak bisa lepas dari gorengan. Bukan hanya camilan, banyak lauk-pauk terutama fast food yang juga digoreng. Minyak yang mematangkan bahan makanan akan memberi rasa gurih enak. Tetapi minyak tersebut juga menambah kalori berupa asupan lemak dalam tubuh.


Hampir setiap orang mungkin pernah makan makanan yang digoreng, setidaknya sekali saja. Memang, makanan yang digoreng punya rasa yang lebih lezat dan gurih. Ini yang membuat banyak orang suka makan gorengan. Namun terlalu sering makan gorengan katanya bisa bikin tubuh jadi gemuk. 

Makanan yang digoreng telah punya cap yang buruk, karena bisa menyebabkan timbulnya penyakit kronis seperti jantung. Ya, memang telah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Semua makanan yang digoreng cenderung memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi ketimbang makanan yang tak digoreng. Jadi akan sangat mudah membuat tumpukan lemak menebal dan akhirnya berat badan pun naik.

Meski predikat makanan yang digoreng sudah buruk tapi sebenarnya tak masalah jika Anda ingin sesekali makan makanan yang digoreng. Makanan ini juga tak sejahat yang Anda pikirkan, karena kandungan vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C dalam makanan tersebut cenderung bertahan, tak seperti ketika Anda mengukus atau merebus. Asalkan Anda bisa mengendalikan dan membatasi diri, maka sah-sah saja jika mau makan gorengan sesekali.

Walaupun kandungan lemak trans dan lemak jenuh pada gorengan ternyata juga dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk anda dan meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung. Tapi terkadang, ada kalanya kamu tak bisa menghindari makanan semacam ini yang kaya kalori dan kolesterol. Lalu apa yang harus kau lakukan agar bisa menetralkan tubuh dan mengurangi kolesterol dengan cepat dalam tubuh, ini beberapa Tips yang bisa dilakukan setalah memakan gorengan

1. Minum Teh Hijau

Jika makanan yang Anda konsumsi adalah gorengan, pasangannya jangan lagi minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya. sebaiknya konsumsi teh hijau, selain kaya antioksidan, teh hijau bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemak,


2 . Minuman Air Hangat atau Air Lemon Hangat

Setelah makan banyak gorengan atau makanan berlemak sebaiknya perbanyak minum air hangat untuk melancarkan pencernaan. Air hangat akan membantu memecah nutrisi dalam bentuk yang mudah dicerna.

Jika kamu kurang minum air makan maka usus kecil akan menyerap air dari makanan untuk mencerna makanan. Akibatnya kamu akan mengalami dehidrasi dan bisa berakhir dengan konstipasi atau sulit BAB.

Lebih Bagus jika anda  Minum air lemot hangat  untuk menetralkan lemak. Anda bisa memeras sari buah lemon dan mencampurnya dengan air putih hangat. Air lemon selama ini dianggap sebagai minuman detoks, karena bisa membantu menurunkan berat badan dan membersihkan tubuh dari racun. Anda juga mendapatkan asupan vitamin C sehingga tubuh tak mudah sakit.


3. Jangan langsung tidur setelah makan

Jika kamu makan malam hari, jangan langsung tidur setelah makan berkolesterol. Sebaliknya, jalan-jalanlah sebentar, lakukan peregangan, lakukan pekerjaan rumah tangga atau lakukan gerakan yoga untuk membakar kalori. Hindari minum dingin setelah makan makanan berminyak Jangan minum air es, karena ini bisa membekukan minyak dan kolesterol di dalam pencernaan sehingga sulit dicerna dan menyusahkan organ liver, usus dan lambung.


4. Air Kelapa

Air kelapa dikenal dapat menjaga metabolisme tubuh. Sebab, minuman ini dapat mempengaruhi kadar leptin yang merupakan hormone pengatur berat badan, metabolisme, dan reproduksi. Jadi, ketika kamu minum air kelapa setelah mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, hal ini dapat membantu melunturkan lemak agar nggak menumpuk di perut.


Sekarang sudah tahu buka,n apa saja yang harus anda lakukan setelah anda menkonsumsi  gorengan. Alangkah lebih baiknya jika Anda membuatnya sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatannya akan lebih terjaga. 

0 Response to "Tips Sehat Untuk Yang Hobi makan Gorengan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel