Cara Mendampingi Anak Belajar Online

 Pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir. Setiap hari, di Indonesia masih ada penambahan kasus yang terjangkit virus corona.


melihat kasus positif virus corona di Indonesia masih tinggi, Kegiatan sekolah masi tetap diundur . Tentu hal itu karena melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. "Kita semua belum dapat memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan berakhir mengingat jumlahnya korban terus bertambah.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada pendidikan di Indonesia, tapi sekolah tetap menyelenggarakan pendidikan daring untuk mereka yang  SD, KelasSMP/MTs/SMA/SMK/MA, sehingga guru tetap melaksanakan tugas mengajar secara daring . 

Pelaksanaan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi.

Adanya  pembelajaran daring ini  membuat dilema tersendiri bagi orang-orang yang menjalankannya, bagi para siswa, guru, terutama bagi orangtua yang harus mendampingi anak-anaknya belajar, terlebih lagi orangtua yang memiliki lebih dari satu orang anak. Tak jarang orangtua banyak yang mengeluh dan merasa kewalahan akan pembelajaran daring. Anak-anak tentunya membutuhkan pendampingan dalam belajar, mereka harus melaksanakan berbagai macam tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu yang telah ditentukan.

Dengan pemberlakuan pembelajaran daring, tentunya seluruh anggota keluarga baik orang tua maupun anak mengalami hari-hari yang panjang di rumah. Perubahan drastis yang terjadi pada rutinitas sehari-hari ini tidak jarang menyebabkan keluarga mengalami konflik antar anggota keluarga akibat timbulnya rasa bosan, jenuh, dan penat..

Sehingga ada berapa orang tua merasakan Stres, inilah yang menjadi cikal bakal munculnya amarah, rendahnya tingkat kesabaran, dan tingginya tensi orang tua terhadap berbagai masalah yang muncul. Bahkan tidak jarang ada orang tua yang tidak kuasa untuk mengatasi tekanan emosionalnya ketika muncul masalah kecil dengan tidak sabar mendampingi anak belajar.

Ada lima cara belajar selama pandemi yang bisa orang tua terapkan agar proses pembelajaran anak yang di dampingi orang tua dapat berjalan lebih efektif :


1. Mengenali Tipe Anak

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, sehingga sering kali mereka memiliki cara belajar yang berbeda. Maka dari itu, orangtua perlu memahami bagaimana tipe atau gaya belajar anak. Ada banyak gaya belajar anak, mulai dari gaya belajar auditori, visual, hingga kinestetik. 


2. Jaga Komunikasi dengan Guru

Selama belajar dari rumah, orangtua berperan besar memantau kegiatan belajar anak. Orang tua harus rutin menjalin komunikasi dengan guru, hal ini dapat membantu orang tua mengetahui bagaimana gaya belajar anak setiap harinya jika di sekolah, sehingga orangtua bisamenerapkannya juga ketika anak belajar di rumah.

Menjaga komunikasi dengan guru pun bisa bermanfaat guna mencari solusi ketika anak menghadapi kendala dalam proses belajar. Biasanya guru lebih tahu cara mengatasi masalah belajar anak, karena ia yang hampir setiap hari mengajarkan anak secara langsung di sekolah.


3.  Gunakan Cara Belajar yang Menyenangkan

Gunakan cara belajar yang menyenangkan, agar anak juga dengan senang hati melalui proses belajar mengajar di rumah, khususnya bagi anak-anak yang masih kecil dan cenderung mudah bosan.

Kamu bisa menggunakan cara kreatif seperti menggunakan benda atau mainan favorit mereka sebagai instrumen belajar.


4. Terapkan Kedisiplinan

Disiplin juga merupakan salah satu tips mendampingi anak belajar online agar bisa lebih efektif selama melakukan belajar mengajar di rumah.

Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikan dengan anak mengenai pembagian waktu serta konsekuensi terbaik yang bisa diterapkan bersama.Karena, dengan memberlakukannya kedisiplinan ini, proses belajar mengajar bisa lebih terjadwal, rutin, dan waktu di rumah yang juga digunakan untuk belajar pun menjadi efisien tetapi sebisa mungkin jangan membuat anak stress dan merasa tertekan.


Jadi, itulah beberapa cara mendampingi anak belajar online yang bisa kamu terapkan di rumah selama pandemi.

Semoga pandemi ini cepat berlalu, Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi secara langsung. Aamiin .

0 Response to "Cara Mendampingi Anak Belajar Online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel