Mengenal Apa Itu Saham?

Mengenal Apa Itu Saham?


Mendengar istilah saham sepertinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Saham adalah suatu bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Dimana semakin besar saham yang dimilikinya maka semakin besar kekuasaannya di perusahaan tersebut. Saham seperti halnya modal seseorang atau pihak dalam suatu perusahaan tertentu. 

Dengan menyertakan modal tersebut, nantinya dari masing pihak memiliki klaim atas pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan. Klaim tersebut bisa berupa aset perusahaan dan berhak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Contoh dari saham sendiri seperti Uniliver, BCA, BRI, PT Telkom, dan masih banyak yang lainnya. 

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam UU perusahaan terbatas No 40 yang didefinisikan Perseroan Terbatas yang disebut sebagai Perseroan, yakni merupakan badan hukum yang merupakan persekutuan modal yang didirikan berdasarakan perjanjian dalam melaukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. 

Saham Sebagai Investasi Terbaik 

Mendengar istilah saham pastinya ada kaitannya dengan investasi. Seperti yang anda ketahui sendiri, investasi saham merupakan salah satu investasi terbaik yang banyak digeluti oleh orang-orang. Dimana investasi yang satu ini dapat dijalankan oleh siapa saja dengan mudah secara efektif. Siapa saja yang mampu menjalankannya dengan baik, maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. 

Pergerakan dari saham sendiri ini ditunjukan oleh indeks harga saham yang artinya secara rata-rata harga saham naik dan itu artinya saham di pasaran mengalami peningkatan yang begitu drastis. Penutupan IHSG 1998 adalah 398 dan pada 13 November 2019 lalu adalah 6,142.50. Harga saham menunjukan superioritas instrument investasi yang satu ini dengan baik. 

Sebab itulah mengapa investasi saham sebagai salah satu investasi terbaik. Banyak orang yang sudah menerapkan investasi ini karena benar-benar menguntungkan untuk dijalankan oleh siapa saja. Pastinya anda akan mudah untuk melakukan investasi tersebut secara efektif. 



Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Saham 

Terdapat beberapa hal penting yang harus anda pahami tentang saham, beberapa diantaranya sebagai berikut! 

- Deviden 

Deviden merupakan sumber keuntungan utama saham, dimana pembagian keuntungan bergantung dari pemegang saham itu sendiri. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya, salah satunya adalah berapa porsi laba yang dibagikan pemegang saham karena bisa saja perusahaan mengalami kerugian atau mengalami keuntungan dan tidak membagi semua laba sebagai deviden. 



Selain itu, pembagian jumlah laba yang didapatkan ke pemegang saham juga tergantung dari kepemiliki saham perusahaan. Hal ini menjadikan deviden diperoleh atas dasar kepemiliki saham perusahaan. Terdapat dua macam indikator yang dapat anda gunakan untuk menentukan kualitas deviden dari suatu perusahaan itu sendiri. Indikator yang mempengaruhinya adalah berapa laba % dari laba yang dibagi setiap deviden dan nilai deviden per saham yang dibagi karena saham tersebut. 



- Sumber Keuntungan 

Hal yang harus anda pahami selanjutnya adalah sumber keuntungan dari saham itu sendiri. Ketika seseorang bernvestasi saham, maka mereka harus mengetahui darimanakah sumber keuntungan tersebut bisa didapatkan. Dengan ini menjadikan sumber keuntungan menjadi faktor penting yang harus dipahami oleh para investor terlebih dahulu. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan bilamana anda menjalankan bisnis yang satu ini. 



Sumber keuntungan saham tidak hanya berasal dari dividen, namun dari kenaikan harga saham di bursa. Dinamikan permintaan dan juga penawaran saham di bursa menentukan tingkat harga saham. Seperti halnya orang yang berdagang, harga saham tersebut merupakan tawar menawar yang dilakukan antara penjual dan pembeli mengenai produk yang didagangkan. Nantinya akan terjadi kesepakatan nilai harga yang menjadi final kepemilikan. 



Bilamana permintaan naik, maka harga akan naik dan ketika penawaran menurun, maka harga akan semakin menurun. Bagi pemegang saham sendiri akan mendapatkan keuntungan yang lebih bilamana mengalami kenaikan harga saham. Dimana selisih dari harga beli dan harga jual menjadi keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dalam menjalankan investasinya. 



Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri mengenai keuntungan saham dari dividen atau apresiasi harga di bursa. Investasi saham memberikan keuntungan dari deviden yang dibayar oleh perusahaan dan mendapatkan apresiasi harga saham di bursa. 



- IPO 

Apakah itu IPO? Sebelum masuk ke bursa, perusahaan yang ingin menjual saham ke public melakukan penawaran saham perdananya terlebih dahulu, istilah yang satu ini dikenal sebagai Initial Public Offering (IPO). Adapun proses yang harus dilakukan dalam melakukan penjualan saham IPO ke publik atau masyarakat. 



Dalam mempublikasikan prospectus di media masa yaitu prospectus yang berisikan sebuah gambaran mengenai bisnis dan berbagai macam informasi penting lain yang terkait dengan perusahaan. Untuk masyarakat yang tertarik membeli harus mengisikan formulir pemesanan dan melakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. 



Bilamana masa penawaran sudah selesai, nantinya dari pihak perusahaan itu sendiri akan melakukan penjatahan saham kepada para investor yang sudah melakukan pemesanan dan apabila penjatahan yang diberikan lebih kecil dari uang yang sudah disetorkannya, maka perusahaan akan melakukan refund. Masyarakan nantinya akan mendapatkan rekening untuk transaksi pemberian uang dari investasi saham yang sudah diberikannya. 



- Bursa Efek Indonesia 

Dalam menjalankan saham, anda harus mengetahui apa itu Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini bertujuan agar anda bisa memperdagangkan saham, dimana BEI ini merupakan suatu perusahaan yang menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang sudah teratur, wajar dan efisien serta mudah diakses oleh eluruh pemangku kepentingan. 



Hal penting yang dapat anda ketahu tentang Bursa Efek Indonesia salah satunya adalah sumber informasi yang ada di BEI ini tercatat dan menjual saham harus menyampaikan laporan keuangan, corporate action dan segala informasi material lainnya ke BEI. 



Dalam melakukan pendaftaran perusahaan sekuritas resmi terdapat di BEI, dimana perdagangan saham hanya bisa anda lakukan melalui perusahaan sekuritas resmi yang satu ini. Kursus untuk saham gratis juga disediakan oleh BEI sebagai bagian misinya untuk membentuk sekolah pasar modal yang dapat dilakuakn secara online ataupun offline. 



- Analisa Saham 

Analisa saham juga menjadi salah satu faktor penting yang harus anda pahami agar bisa berjalan secara efektif. Hal ini sangat penting dan krusial karena dengan melakukan analisa dapat menjadikan anda dapat mengelola resiko investasi saham dnegan baik dan mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. 



Sebelum membeli dan memutuskan untuk membeli saham, anda harus bisa menganalisanya dengan baik. dimana anda jangan mudah terbawa aru dengan saran-saran yang tidak jelas. Hal ini bisa saja membuat anda bunting sendiri bilamana tidak memahaminya dengan baik. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu saham. Melalui informasi tersebut, anda bisa memahami tentang saham. Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung bilamana tertarik untuk menjalankan investasi saham. 

Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih. 



0 Response to "Mengenal Apa Itu Saham? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel