Panduan Daftar dan Mendapatkan Kartu Pra Kerja Untuk Pencari Kerja

 
Panduan Daftar dan Mendapatkan Kartu Pra Kerja Untuk Pencari Kerja
Panduan Daftar dan Mendapatkan Kartu Pra Kerja Untuk Pencari Kerja


Koincuan.com - Kartu Pra Kerja merupakan salah satu program yang  akan segera di realisasikan oleh pemerintah mengingat jumlah pengangguran di Indonesia semakin hari mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini juga dipengaruhi wabah COVID-19 yang menyebabkan banyak perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) terhadap sebagian besar jumlah karyawan.

Inilah yang membuat pemerintah lekas mempercepat program Kartu Pra Kerja agar segera terealsisasikan bagi masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan maupun yang belum mendapatkan pekerjaan sama sekali.

Kartu Pra Kerja ini sendiri merupakan salah satu program kompetensi kerja yang ditunjukkan kepada setiap masyarakat yang ingin mencari kerja maupun yang terkena PHK dari sejumlah perusahaan tempat mereka bekerja.

Kartu ini berfungsi sebagai peningkatkan kompetensi bagi pekerja yang membutuhkannya.

Adapun syarat untuk mendapatkan kartu pra kerja ini juga tidak sulit, semua masyarakat yang ingin mengajukan pendaftaran kartu pra kerja bisa dilakukan dengan cara dibawah ini.

Syarat Utama Pendaftaran Kartu Pra Kerja

  • Warga Negara  Indonesia ( WNI )
  • Usia Minimal 18 Tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan Formal
  • Pengangguran / Pencari kerja / Pekerja PHK

Secara umum hadirnya kartu Pra Kerja ini lebih menyasar ke para pencari kerja ataupun pekerja yang ingin mendapatkan pelatihan dalam bentuk vokasi ( Re-skilling dan Skilling ) yang mana Skilling sendiri lebih tertarget untuk lulusan baru Fresh Graduate yang baru menyelesaikan studinya dari perguruan tinggi.

Sedangkan untuk Re-skilling ini menyasar ke pekerja yang mendapatkan PHK dari perusahaan tempat mereka bekerja atau berpotensi akan terkena PHK.

Tujuan dari re-skilling sendiri untuk mengasah dan mengembangkan kembali potensi serta keterampilan dalam diri pekerja yang berguna untuk kehidupan mereka selanjutnya.

Contoh saja misalnya re-skilling membuka usaha ataupun bisnis lainnya.

Sampai detik ini belum ada ketentuan lain atau syarat untuk mendapatkan kartu pra kerja, cukup dengan tiga syarat diatas anda sudah bisa menerima kartu pra kerja. 

Bagi penerima kartu pra kerja bisa langsung melakukan pelatihan sesuai dengan peraturan yang ada, akan ada banyak jenis pelatihan dari setiap orang yang terdaftar memiliki kartu pra kerja. Pelatihan juga bisa dilakukan dalam bentuk platform digital onlinne yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Apa Manfaat Memiliki Kartu Pra Kerja ?


Pada dasarnya kartu pra kerja adalah program yang memudahkan setiap calon pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan pelatihan berbayar dan pelatihan tersebut hanya bisa diikuti oleh setiap pemegang kartu prakerja secara online dengan maksimal sekitar Rp. 3 juta rupiah.

Sedangkan untuk pelatihan offline sendiri sekitar Rp. 7 juta rupiah.

Selain itu juga, setiap peserta yang memiliki kartu pra kerja berhak mendapatkan sertifikat pelatihan yang sudah di ikutinya.

Sedangkan insentifnya sendiri atau honor, bisa ditransfer dalam tiga tahapan yang berbentuk e-wallet.

Panduan Mendapatkan Kartu Pra Kerja


Bagi anda yang ingin tahu seperti apa cara memiliki kartu pra kerja ini, silahkan simak tutorial yang kami berikan dibawah ini.

Ikuti langkah-langkahnya dengan benar, agar proses pendaftaran bisa berhasil.

1. Buka Situs Resmi Kartu Pra Kerja

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka situs resmi dari situs kartu pra kerja di www.pekerja.go.id yang nantinya akan dibuka pada bulan April 2020.

Masih belum tahu tanggal kepastiannya, apakah akan dibuka diawal april atau di pertengahan april.

Namun yang terpenting adalah siapkan data diri dan beberapa syarat yang sudah kami jelaskan diatas.

Setiap petugas pengantar kerja akan mendampingi setiap peserta dalam proses pendaftaran secara kolektif dan seleksi online.

2. Pilih Jenis Pelatihan

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah memilih jenis pelatihan yang disediakan dan disyaratkan oleh Industri.

Pilihan pelatihan yaitu SISNAKER dan anda bisa membayar menggunakan saldo Kartu Prakerja maksimal untuk online sendiri sekitar 3 juta rupiah sedangkan untuk offline dibayar sejumlah 7 juta rupiah.

Anda bisa melakukan pendaftaran kartu pra kerja di Pekerja.go.id

3. Mengikuti Pelatihan

Tahap berikutnya jika anda sudah berhasil mendaftar dan sudah diverifikasi oleh sistem, saatnya anda mengikuti pelatihan SISNAKER yang mana setiap peserta bisa mendapatkan pelatihan ini secara offline dan online.

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, setiap peserta akan memperoleh sertifikat sebagai bukti kalau dirinya sudah menyelesaikan semua pelatihan yang diselenggarakan.

4. Memberikan Rating dan Ulasan

Hal menarik disini, setiap peserta yang sudah berhasil mengikuti pelatihan baik secara offline dan online bisa memberikan rating dan ulasan melalui SISNAKER terkait pelaksanaan pelatihan yang sudah di ikuti.

5. Dapatkan Insentif 

Inilah saat-saat yang ditunggu oleh para peserta kartu pra kerja yang akan memperoleh dana insentif sebesar Rp. 500.000 rupiah yang nantinya akan ditransfer ke Kartu Pra Kerja dalam 3 tahap.

6. Survei Kebekerjaan

Tahap terakhir adalah survei kebekerjaan yang sebenarnya berupa Feedback apakah program pelatihan ini benar-benar membawa dampak perubahan yang besar dalam menangani jumlah pengangguran dan pencari kerja di Indonesia.

Evektivitas dari program ini baru akan terlihat setelah peserta melakukan pengisian survei dan mendapatkan setidaknya Rp. 150.000 sebagai dana insentif pengisian survei sesuai dengan penempatan kerja dan kesesuaian pelatihan yang didapatkan.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara atau panduan daftar dan mendapatkan kartu pra kerja untuk pencari kerja / pengangguran.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Source : Kompas.com

0 Response to "Panduan Daftar dan Mendapatkan Kartu Pra Kerja Untuk Pencari Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel