Tips Investasi Reksadana Yang Benar dan Aman

Tips Investasi Reksadana Yang Benar dan Aman
Tips Investasi Reksadana Yang Benar dan Aman

Investasi adalah salah satu kegiatan membangun keuangan untuk masa depan supaya menjadi lebih baik dengan melakukan investasi akan membuat diri anda lebih efektif karena uang yang kamu miliki tidak digunakan secara sia-sia.

Berinvestasi hampir mirip dengan menabung, hanya saja kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih bila melakukan investasi.

Ada banyak sekali jenis investasi yang ada seperti investasi reksadana, investasi saham, investasi properti dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai investasi reksadana. Jenis investasi yang satu ini menjadi pilihan banyak orang dalam melakukan investasi karena mudah digunakan.

Selain itu, investasi reksadana sudah terbukti bisa memberikan keuntungan yang besar bagi kalian. Mumpung masih muda, sebaiknya uang yang anda miliki digunakan untuk hal baik, yakni berinvestasi.

Mungkin yang ada di pikiran kalian itu bingung mau investasi apakah kedepannya.

Anda tidak usah khawatir, kamu bisa memulai investasi reksadana karena disini saya akan membagikan beberapa tips berinvestasi reksadana yang benar-benar aman dan berhasil.

Berikut ini adalah beberapa tips mengenai investasi reksadana yang benar dan aman untuk dilakukan

Apa Itu Reksadana? 

Langkah yang pertama kamu harus tahu apa itu reksadana. Reksadana merupakan wadah atau tempat untuk menghimpun dana dari masyarakat yang ingin melakukan investasi.

Kemudiam jumlah total uang yang dikumpulkan digunakan untuk investasi yang akan dilakukan oleh manajer investasi.

Biasanya orang yang mengelola uang tersebut itu sudah berpengalaman dan bisa diandalkan dalam melakukan investasi.

Manajer investasi ini didukung oleh para tenaga profesional dan berpengalaman dalam pengelolaan investasi tersebut.

Kamu tidak perlu terjun secara langsung untuk mengelola uang yang anda investasikan. Disini kamu cukup memantau perkembangan investasi dari reksadana yang kamu lakukan.

Pilih Platform Investasi 

Langkah yang selanjutnya yaitu dengan cara memilih platform investasi terlebih dahulu. Kamu harus menentukan platform investasi reksadana mana yang diinginkan.

Seperti halnya platform reksadana online seperti Bareksa.com, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain.

Dengan memilih platform reksadana yang sesuai, hal itu akan membuat anda menjadi lebih baik dalam berinvestasi.

Pilih Jenis Reksadana 

Perlu kalian ketahui, ada 5 jenis reksadana yang bisa kalian pilih untuk berinvestasi.

Jenis reksadana yang bisa kalian pilih seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana proteksi, dan reksadana index.

Kelima reksadana tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Pilihlah sesuai dengan keinginan anda sendiri ketika menggunakannya.

Pastikan anda memilih jenis reksadana yang paling nyaman dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Tentukan Jangka Waktu 

Tips yang selanjutnya yaitu menentukan jangka waktu berapa lama kamu akan melakukan investasi reksadana.

Ada yang memiliki jangka waktu 1 tahun – 3 tahun, 3 tahun sampai 5 tahun dan lebih dari 5 tahun.

Pilihlah sesuai dengan keinginan anda sendiri, bila masih pemula pilihlah jangka waktu yang paling pendek terlebih dahulu sebagai latihan anda dalam melakukan investasi.

Setiap jangka waktu sudah ditentukan, bila kurang dari setahun maka kalian bisa memilih reksadana pasar uang, apabila 1 – 3 tahun kalian bisa memilih reksadana pendapatan tetap, apabila 3 – 5 tahun kalian bisa menggunakan reksadana campuran dan seterusnya.

Dengan begitu, kalian akan lebih mudah dalam melakukan investasi karena sudah ada ketentuan jangka waktu yang ditetapkan.

Ada Ijin OJK 

OJK merupakan kepanjangan dari Otoritas Jasa Keuangan, bila sudah memiliki ijin dari OJK anda tidak usah mengkhawatirkan soal keamanan dari investasi reksadana ini. perizinan ini bersifat mutlak dan dapat dipercaya kebenarannya.

Selain itu, pihak manajer investasi yang ingin mengelola investasi juga harus ijin dulu kepada pihak OJK.

Sehingga para investor tidak akan dirugikan bila ingin berinvestasi. Terus Mencoba dan Belajar Langkah yang terakhir adalah untuk terus mencoba dan belajar hingga kamu berhasil bisa melakukan investasi reksadana.

Jangan sampai kegagalan membuat anda menyerah di tengah jalan.

Pastinya ada jalan dari setiap kegagalan yang anda alami selama ingin melakukan investasi reksadana ini.

Demikian beberapa informasi mengenai tips investasi reksadana yang aman dan bena. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel